Kepribadian tokoh utama dalam novel minoel karya Ken Terate / Astari Tri Vianinsia - Repositori Universitas Negeri Malang

Kepribadian tokoh utama dalam novel minoel karya Ken Terate / Astari Tri Vianinsia

Vianinsia, Astari Tri (2022) Kepribadian tokoh utama dalam novel minoel karya Ken Terate / Astari Tri Vianinsia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Novel adalah karya sastra yang termasuk dalam ragam prosa. Salah satu unsur yang dominan dalam novel adalah tokoh yang memiliki peran sebagai pelaku yang menjalankan cerita. Pengarang menampilkan tokoh dengan watak dan karakter yang mencerminkan kondisi kejiwaan tokoh. Konflik yang dialami tokoh baik dari dalam dan luar dirinya berpengaruh pada kepribadian tokoh dalam novel. Kepribadian tokoh dapat dilihat dari cara tokoh merespons dan mengatasi konflik tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepribadian tokoh utama dalam novel menggunakan teori kepribadian psikoanalisis Sigmund Freud. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis psikologi sastra. Data dalam penelitian ini berupa satuan cerita berbentuk narasi dialog atau monolog yang memuat kepribadian tokoh utama berdasarkan konflik psikologis yang dialami tokoh. Sumber data penelitian ini adalah novel Minoel karangan Ken Terate. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Selanjutnya data dianalisis dengan tahapan (1) reduksi data (2) penyajian data dan (3) penarikan kesimpulan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa dalam diri tokoh utama Minoel terdapat struktur kepribadian yang terdiri atas id ego dan superego. Konflik antara tiga struktur kepribadian tersebut membentuk kepribadian dalam diri Minoel. Keseimbangan antara id ego dan superego diperlukan agar tidak terjadi gangguan kepribadian. Kinerja ego dalam diri Minoel belum maksimal hal ini ditandai dengan pengambilan keputusan yang masih dipengaruhi desakan kuat id dan tekanan superego yang lemah. Minoel juga mengalami kecemasan karena takut ditinggalkan pasangan sehingga merelakan diri terjebak dalam hubungan yang beracun. Dapat disimpulkan bahwa Minoel belum mampu mengatasi berbagai masalah yang menimpanya dengan baik sehingga memengaruhi pengambilan keputusan dan membuatnya mengalami gangguan psikologis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/275753

Actions (login required)

View Item View Item