Pengaruh strategi pembelajaran timbal balik (reciprocal teaching) terhadap prestasi belajar siswa (studi pada matadiklat ekonomi kelas XI SMK Ardjuna 01 Malang) / Andy Leta Setiawan

Andy Leta Setiawan (2010) Pengaruh strategi pembelajaran timbal balik (reciprocal teaching) terhadap prestasi belajar siswa (studi pada matadiklat ekonomi kelas XI SMK Ardjuna 01 Malang) / Andy Leta Setiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan tidak dimaksud sekadar mencetak orang yang pandai menghafal dan berhitung, tetapi melahirkan orang-orang berpribadi matang. Pendidikan tidak hanya tempat mengasah ketajaman otak, tetapi tempat menyemai nilai-nilai dasar kehidupan guna menggapai masa depan dan hidup bermasyarakat.. Ekonomi sebagai ilmu sosial berkaitan dengan cara mencari tahu dan memahami gejala sosial secara sistematis merupakan integral dari kehidupan modern, bidang studi ekonomi harus lebih dipandang sebagai usaha untuk membantu proses pengkonstruksian pengetahuan dan penyadaran akan tanggung jawab siswa tentang proses pembelajaran yang dilakukannya, seperti cara memperoleh informasi, mengeksperesikan dirinya, bagaimana belajar lebih mudah dan efektif sehingga siswa memperoleh keterampilan berfikir dan termotivasi untuk menggali dan mengolah informasi serta memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Penerapan reciprocal teaching dalam pembelajaran ekonomi dimaksudkan agar dapat memenuhi harapan guru, orang tua dan pemerhati pendidikan agar siswa memiliki motivasi belajar yang tinggi, membentuk pemahaman yang mendasar tentang ekonomi, serta meningkatkan kerja sama kelompok, komunikasi, pola berpikir kritis terhadap ilmu ekonomi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) prestasi belajar siswa kelas XI semester I SMK Arjduna 01 Malang pada matadiklat ekonomi sebelum penerapan strategi pembelajaran timbal balik (reciprocal teaching) (2) prestasi belajar siswa kelas XI semester I SMK Arjduna 01 Malang pada matadiklat ekonomi setelah penerapan strategi pembelajaran timbal balik (reciprocal teaching) dan (3) apakah penerapan strategi pembelajaran timbal balik (reciprocal teaching) berpengaruh terhadap prestasi belajar matadiklat ekonomi siswa kelas XI SMK Arjduna 01 Malang Jenis penelitian eksperimen sebab akibat (kausalitas) dengan rancangan control group pre-test, post-test instrumen penelitian yang digunakan meliputi rancanagan pembelajaran, soal pretes dan postes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI semester I SMK Arjduna 01 Malang. Seluruh kelas XI berjumlah 90 siswa yang terdiri dari 30 siswa kelas Penjualan, 28 siswa kelas Administrasi Perkantoran dan 32 siswa kelas Akuntansi. Dalam penerapan penelitian eksperimen, dipilih dua kelas yaitu kelas Administrasi Perkantoran sebagai kelas eksperimen dan kelas Akuntansi sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data pretes menyatakan bahwa diperoleh thitung = 0, 500 dan dari tabel t diperoleh ttabel = 2,002 probabilitas (Sig.) = 0,619 dengan derajat kebebasan 28 + 32 ? 2 = 58 dan taraf signifikan 5 %. Harga thitung (0,500) < ttabel (2,002) dan nilai Sig. (0,619) > 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan antara kemampuan awal siswa yang diajar menggunakan strategi pengajaran timbal-balik dengan kemampuan awal siswa yang diajar menggunakan kelompok belajar konvensional.Berdasarkan hasil analisis data postes diperoleh hasil thitung = 2,134; dari tabel t diperoleh ttabel = 2,002; dan harga probabilitas (Sig.) = 0,037 dengan derajat kebebasan 58 dan taraf signifikan 5 %. Nilai Sig. (0,037) < 0,05 dan harga thitung > ttabel, artinya H0 ditolak sehingga ada perbedaan antara prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan strategi pengajaran timbal-balik dengan prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan kelompok belajar biasa. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh ada perbedaan prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan strategi pengajaran timbal-balik (reciprocal teaching) dengan prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan metode kelompok belajar biasa. Rata-rata prestasi belajar siswa kelas eksperimen (73,2600) lebih tinggi dari pada dengan rata-rata prestasi belajar siswa kelas kontrol (66,4959). Berdasarkan temuan di atas, saran yang dapat diberikan adalah penelitian ini adalah (1) strategi pengajaran timbal balik (reciprocal teaching) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa sehingga perlu diterapkan dalam pembelajaran dikelas sebagai variasi guru mengajar, terutama untuk materi-materi yang bersifat teori atau berupa wacana, (2) sebaiknya dalam menggunakan srategi ini, setiap siswa dapat merasakan semua peran sebagai predictor, clarifier, questioner dan summarizer sehingga siswa dapat memiliki keterampilan dari masing-masing peran, (3) guru hendaknya merancang skenario pembelajaran sesuai kemampuan siswa di kelas, agar proses pembelajaran dapat berlangsung efektif, efisien dan berhasil,(4) guru hendaknya memberi kesempatan siswa untuk membaca materi sebelum proses pembelajaran berlangsung, agar siswa mempunyai kesiapan kognitif yang baik , sehinggadapat melakukan aktivitas pembelajaran yang meyakinkan, kritis dan kreatif dalam mengkontruksi pengetahuan baru. (5) eksperimen ini dilakukan dalam waktu yang relatif singkat dan hanya pada satu materi pelajaran sehingga perlu dilakukan pemelitian dengan perencanaan waktu yang dan materi pelajaran yang lebih banyak, agar lebih dapat meningkatkan kompetensi siswa secara maksimal.(6) Sekolah hendaknya lebih mendorong guru, untuk lebih inovatif meningkatkan dan menggunakan berbagai pnggunaan variasi strategi serta metode pembelajaran dalam proses belajar mengajar sebagai sarana menunjang pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27575

Actions (login required)

View Item View Item