Analisis wacana iklan kosmetik ms glow for men versi "semua juga bisa" / Fathin Fadila - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis wacana iklan kosmetik ms glow for men versi "semua juga bisa" / Fathin Fadila

Fadila, Fathin (2022) Analisis wacana iklan kosmetik ms glow for men versi "semua juga bisa" / Fathin Fadila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Munculnya iklan-iklan produk perawatan wajah untuk laki-laki dengan pemilihan model iklan dengan latar belakang laki-laki yang berkulit putih tinggi berhidung mancung berbadan atletis memunculkan stigma tentang standar ganteng bagi laki-laki. Bersama dengan itu fungsi iklan sebagai media promosi mengalami pergeseran nilai fungsi menjadi sebuah media penyampaian tanda sebagai konstruksi makna tertentu dan menjadi kebutuhan tersendiri untuk menganalisis isi pesan yang terkandung pada sebuah iklan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana Iklan MS Glow For Men versi "Semua Juga Bisa" merepresentasikan konsep Ganteng dalam iklannya melalui analisis tanda-tanda verbal dan nonverbal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan metode analisis wacana menggunakan pendekatan teori semiotika Roland Barthes. Untuk mengungkapkan kode-kode yang terdapat dalam wacana dalam iklan MS Glow For Men versi "Semua Juga Bisa" digunakan analisis kode hermeunetik kode sematik kode simbolik dan kode kebudayaan (Barthes 1974 106). Penelitian ini menemukan hasil bahwa kesempurnaan fisik bukan menjadi standar utama seorang laki-laki untuk menjadi ganteng namun hal tersebut dapat diwujudkan dengan cara merawat diri dengan benar dan menggunakan perawatan wajah untuk menjaga kulit wajah agar tetap sehat. Representasi makna ganteng dapat dinilai dari rasa percaya diri rasa syukur terhadap anugerah fisik yang lengkap dari Allah dengan cara menjaga kebersihan dan kesehatan kulit terutama kulit wajah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Dec 2022 04:29
Last Modified: 06 Apr 2023 07:01
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/275749

Actions (login required)

View Item View Item