Pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan di SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo / Najiyatul Musfiroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan di SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo / Najiyatul Musfiroh

Najiyatul Musfiroh (2010) Pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan di SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo / Najiyatul Musfiroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kebiasaan belajar merupakan salah satu faktor penunjang tercapainya prestasi belajar siswa. Agar seseorang dapat belajar dengan baik dia harus mengetahui cara-cara belajar yang efisien kemudian dipraktekkan setiap hari sampai menjadi suatu kebiasaan. Suatu kebiasaan apabila dilakukan secara efisien dan sistematis akan membantu kemudahan dalam belajar yang akhirnya dapat berpengaruh terhadap belajar. Penilaian prestasi belajar bagi siswa sangat penting karena dapat diketahui sejauh mana taraf pengetahuan yang dicapai siswa selama mengikuti proses belajar mengajar. Dalam penelitian ini pretasi belajar yang dimaksud adalah nilai ujian tengah semester tahun pelajaran 2007/2008. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar dan kaitan keduanya. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu angket dan dokumentasi. Angket untuk memperoleh data variabel bebas yaitu kebiasaan belajar di sekolah (X1) dan kebiasaan belajar di rumah (X2) sedangkan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data variabel terikat yang berupa nilai Ujian Tengah Semester mata diklat kewirausahaan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) sebagian responden memiliki kebiasaan belajar di sekolah yang cukup baik dengan persentase 58 89% (2) sebagian responden memiliki kebiasaan belajar di rumah yang cukup baik dengan persentase 55 56% dan (3) prestasi belajar mempunyai tingkatan yang baik dengan frekuensi 33 (36 67%). Dari hasil analisis regresi linier berganda diketahui bahwa kebiasaan belajar (X) berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap prestasi belajar siswa (Y) pada mata diklat kewirausahaan di SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Hal ini dibuntikan dengan Sig F sebesar 0 000 0 05 dengan nilai Fhitung sebesar 50 860 nilai koefisien regresi (Multiple R) yang dimiliki adalah 0 734 dan nilai koefisien determinasi (Adjusted R Square) yang disesuaikan adalah sebesar 0 528. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan pada siswa agar lebih memperhatikan kebiasaan belajar yang kurang sesuai guru diharapkan dapat memberikan motivasi kepada siswa agar menanamkan kebiasaan belajar yang baik pada dirinya sendiri sehingga dapat memperoleh prestasi belajar yang optimal dan orang tua siwa hendaknya mengarahkan anaknya dalam belajar misalnya mengingatkan anaknya agar belajar tepat waktu. Selain itu orang tua juga harus berkomukasi dengan pihak sekolah mengenai perkembangan atau sikap dan kebiasaan belajar anak di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27574

Actions (login required)

View Item View Item