Nofan Rizqi Fauji (2009) Implementasi metode pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Pasuruan / Nofan Rizqi Fauji. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Dalam upaya peningkatan mutu pendidikan diperlukan sesuatu strategi atau pola pendidikan yang tepat sehingga apa yang menjadi tujuan dapat tercapai. Upaya pengembangan strategi pendidikan yang tepat itu tercermin pada salah satu indikatornya yaitu bagaimana cara untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik yang akhirnya menjadikan hasil belajar yang diperoleh peserta didik tersebut dapat meningkat. Motivasi memegang peranan penting dalam proses pembelajaran karena pada hakekatnya proses pembelajaran adalah segala upaya yang dilakukan untuk dapat membelajarkan peserta didik dan dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Dari hasil pengamatan pendahuluan di lapangan menunjukkan bahwa motivasi belajar mata pelajaran Ekonomi peserta didik masih rendah salah satu penyebab rendahnya motivasi belajar pada mata pelajaran Ekonomi ini adalah kecenderungan menerapkan metode pembelajaran yang tidak variatif. Usaha meningkatkan motivasi belajar peserta didik mata pelajaran Ekonomi perlu diciptakan suatu kondisi yang melibatkan peran aktif dari peserta didik. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menerapkan pembelajaran kooperatif model Jigsaw yang melibatkan peserta didik sehingga baik secara langsung maupun tidak langsung mengembangkan sikap sosial antar sesama peserta didik sebagai latihan hidup dalam suatu masyarakat yang nyata. Penelitian ini bertujuan untuk yang Pertama adalah mengetahui penerapan metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw pada pelajaran Ekonomi. Kedua Aktivitas dan keterampilan kooperatif siswa dalam melaksanakan metode pembelajaran model Jigsaw pada pelajaran Ekonomi. Ketiga Bagaimanakah respon peserta didik dalam pembelajaran kooperatif model Jigsaw pada pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 2 Pasuruan. Keempat Mengetahui motivasi belajar siswa pada pelajaran Ekonomi setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif model Jigsaw Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Peneliti bertindak sebagai instrumen kunci dan pemberi tindakan. Data penelitian dikumpulkan melalui 1) observasi 2) wawancara 3) angket 4) catatan lapangan dan 5) dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X.3 di SMA Negeri 2 Pasuruan yang berjumlah 36 siswa. Teknik analisis data melalui tiga tahapan yaitu reduksi data paparan data penyimpulan hasil analisis data. Pengecekan keabsahan data menggunakan kriteria derajat kepercayaan yang meliputi 1) ketekunan/keajegan pengamatan 2) triangulasi 3) pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Penelitian tindakan kelas 2 dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus mencakup 5 tahap yaitu 1) Membentuk kelompok asal 2) Membentuk kelompok ahli 3) Diskusi inti kelompok asal 4) menyajikan laporan/presentasi kelompok dan 5) penutup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pembelajaran kooperatif model Jigsaw kepada peserta didik secara umum telah dilaksanakan dengan baik 2) kerjasama peserta didik dalam pembelajaran ini juga berlangsung dengan baik dimana peserta didik tidak membedakan kemampuan akademik latar belakang sosial maupun jenis kelamin tetapi lebih didorong oleh rasa tanggung jawab mereka dalam menyelesaikan tugas 3) respon peserta didik dalam penerapan pembelajaran kooperatif model Jigsaw sangat positif dan 4) Motivasi peserta didik terhadap pembelajaran kooperatif model Jigsaw sudah baik hal ini ditunjukkan dengan berdasarkan pemerolehan skor dan persentase dari 35 siswa kelas X.3 yang mengisi angket motivasi belajar terdapat 23 peserta didik mengalami peningkatan motivasi dalam belajar 10 peserta didik mengalami penurunan dan 2 peserta didik tidak mengalami kenaikan maupun penurunan motivasi (stagnan). kenaikan tertinggi yaitu sekitar 18 4 sedangkan penurunan sekitar -12 8. Sehingga dengan adanya peningkatan motivasi perserta didik secara umum maka akan memberikan dorongan yang kuat kepada keseluruhan peserta didik untuk melakukan kegiatan belajar dan ketika kegiatan belajar berjalan dengan baik tujuan dari pembelajaranpun juga dapat tercapai dengan baik. Dari hasil penelitian di atas maka dapat diambil kesimpulan bahwa 1) penerapan pembelajaran kooperatif model Jigsaw pada mata pelajaran Ekonomi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang dibuktikan dengan kerjasama peserta didik dalam menyelesaikan tugas sangat baik selain itu respon peserta didik pada pembelajaran ini sangat positif 2) pembelajaran kooperatif model Jigsaw dapat diterapkan dalam upaya meningkatkan keterampilan dan aktivitas peserta didik dalam belajar. Beberapa saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu 1)Untuk mencapai kualitas proses belajar mengajar dan kualitas hasil belajar yang baik dalam pembelajaran dengan metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw diperlukan persiapan perangkat pembelajaran yang cukup memadai misalnya Rencana Pembelajaran dan Lembar Kegiatan Siswa yang harus dimiliki oleh setiap siswa dan instrumen penilaian baik untuk penilaian formatif (kuis) maupuan penilaian sumatif. 2) Bagi pihak lain yang ingin menerapkan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan oleh peneliti ini sedapat mungkin terlebih dahulu dianalisis kembali untuk disesuaikan penerapannya terutama dalam hal alokasi waktu fasilitas pendukung termasuk media pembelajaran dan karakteristik siswa yang ada pada sekolah tempat perangkat ini akan diterapkan. 3) Bagi guru pembelajaran kooperatif model Jigsaw dapat dijadikan sebagai alternatif pilihan dalam praktik pembelajaran di kelas 4) Bagi peserta didik pada saat pembelajaran kooperatif model Jigsaw diterapkan perlu meningkatkan keberanian dalam mengajukan pertanyaan maupun berargumentasi guna lebih memahami terhadap materi yang dipelajari.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Mar 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/27573 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |