Pelaksanaan strategi pemasaran jasa pendidikan (studi kasus pada Yayasan Pondok Modern Al-Rifa'ie Gondanglegi Malang) / Nanang Fatkhur Rozi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan strategi pemasaran jasa pendidikan (studi kasus pada Yayasan Pondok Modern Al-Rifa'ie Gondanglegi Malang) / Nanang Fatkhur Rozi

Nanang Fatkhur Rozi (2009) Pelaksanaan strategi pemasaran jasa pendidikan (studi kasus pada Yayasan Pondok Modern Al-Rifa'ie Gondanglegi Malang) / Nanang Fatkhur Rozi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dinamika pendekatan praktek dan teknik dalam pemasaran telah mengalami perkembangan yang cukup pesat pada saat sekarang ini. Dalam organisasi bisnis pelaksanaan strategi pemasaran jauh lebih maju dari perkembangan pada organisasi sosial khususnya lembaga pendidikan. Dalam kacamata disiplin ilmu pemasaran lembaga pendidikan merupakan institusi yang menawarkan produk dalam kategori jasa yaitu jasa pendidikan. Lembaga pendidikan dalam kacamata disiplin ilmu pemasaran pula sejajar dengan institusi lain seperti perusahaan manufaktur yang menjual produk barang (pakaian kendaraan) partai politik yang menjual produk organisasi dan sebagainya. Hal ini memberikan konsekuensi pada lembaga pendidikan untuk mengimplementasikan beberapa strategi dan prinsip pemasaran serupa dengan apa yang dilakukan oleh beberapa institusi yang lain tersebut. Artinya lembaga pendidikan hendaknya melakukan beberapa kebijakan dalam hal strategi pemasaran yaitu meliputi (1) kebijakan produk dalam rangka menyediakan jasa yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen (2) menentukan kebijakan biaya pendidikan agar semua lapisan masyarakat dapat mengenyam pendidikan yang layak (3) menentukan kebijakan promosi agar jasa pendidikan yang disediakan dapat dikenal dipahami dan disikapi secara positif oleh konsumen dan (4) menentukan kebijakan distribusi agar jasa pendidikan yang ditawarkan dapat diakses oleh konsumen secara mudah. Dengan kata lain lembaga pendidikan perlu melakukan desain dan implementasi kebijakan bauran pemasaran (Kotler 2001) dalam menjaga keberlangsungan dirinya. Strategi pemasaran apa yang hendaknya diacu untuk dijadikan pijakan oleh lembaga pendidikan tentunya harus menyesuaikan dengan perkembangan lingkungan. Sebab perkembangan lingkungan akan selalu menghasilkan tantangan-tantangan baru dan kesempatan-kesempatan baru bagi lembaga pendidikan. Potret atas tantangan lembaga pendidikan ke depan adalah adanya persaingan yang tinggi sehingga sangat banyak penawaran jasa lembaga pendidikan meningkatnya tuntutan pelanggan atau siswa utamanya pada kualitas dan biaya kemajuan teknologi komunikasi informasi dan komputer yang merubah semua segi kehidupan dan sebagainya. Pada akhirnya yang menjadi perhatian lembaga pendidikan adalah bagaimana dengan berbagai tantangan dan keterbatasan masih mampu bertahan hidup dan berkembang. Dari hal tersebut peneliti tertarik mengangkat permasalahan di atas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan strategi bauran pemasaran (marketing mix) yang meliputi 4P (product pricing place dan promotion) yang dilakukan oleh Yayasan Pondok Modern Al-Rifai e Gondanglegi Malang. Penelitian ini dilakukan di Yayasan Pondok Modern Al-Rifai e Gondanglegi Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan methode pengumpulan data melalui manusia sebagai subjek penelitian observasi partisipasi pengamat wawancara dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan langkah reduksi data display data melalui tabel analisis dan matriks serta kasimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan strategi bauran pemasaran yang oleh Yayasan Pondok Modern Al-Rifai e Gondanglegi Malang seiring dan berkesinambungan dalam empat aspek bauran pemasaran. Beberapa pertimbangan sebagai dasar keputusan pelaksanaan strategi bauran pemasaran yang akan dilakukan adalah dengan melihat kekuatan dan kelemahan pesaing persepsi konsumen dan standart kemampuan lembaga/yayasan yang terangkum dalam potensi dan ancaman perkembangan dunia bisnis. Di samping itu Yayasan Pondok Modern Al-Rifai e Gondanglegi Malang telah menerapkan strategi bauran pemasaran yang efektif dan efisien hal ini terbukti dengan perkembangan yayasan yang cukup pesat dan dapat diterima oleh masyarakat dengan baik serta belum genap 10 (sepuluh) tahun usianya bukti fisik telah terlihat dengan bangunan yang cukup megah dan sarana prasarana yang cukup lengkap. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar riset pasar agar dapat dilakukan lebih lanjut untuk mengembangkan strategi bauran pemasaran khususnya dalam bidang pemasaran jasa pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27570

Actions (login required)

View Item View Item