Nurul Fitriandari (2009) Penerapan metode pembelajaran kooperatif model TGT (Teams-Games-Tournament) sebagai upaya meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa SMK Islam di Kota Batu / Nurul Fitriandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Metode pembelajaran kooperatif merupakan salah satu metode pembelajaran yang mengutamakan peran siswa dalam proses belajar (student oriented). Metode pembelajaran kooperatif memiliki sembilan model pembelajaran dengan kelebihan dan keistimewaan yang bervariasi dalam mengkonstruk pemikiran siswa selama belajar. Salah satu model pembelajaran pada metode pembelajaran kooperatif yakni model TGT (Teams-Games-Tournament). Untuk mengetahui ketepatan guru dalam menerapkan metode pembelajaran kooperatif model TGT dan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa maka dilakukan observasi (pengamatan) dengan menggunakan instrumen lembar observasi. Sedangkan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar ditinjau dari aspek kognitif afektif dan psikomotorik maka dilakukan perhitungan selisih persentase ketuntasan belajar secara keseluruhan berdasarkan nilai pre-test dan post-test kedua siklus. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan penelitian tindakan kelas agar mengetahui penerapan metode pembelajaran kooperatif model TGT dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Mata diklat yang digunakan pada penelitian ini adalah Kewirausahaan untuk kelas X semester I tahun pelajaran 2007/2008 yaitu terfokus pada kompetensi dasar Mengidentifikasi Sikap dan Perilaku Wirausaha dan Menerapkan Sikap dan Perilaku Kerja Prestatif (Selalu Ingin Maju) . Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMK Islam Kota Batu yang berlokasi di Jalan Barat Stadion Brantas No. 1 Kota Batu Kawasan Malang Raya pada tanggal 28 September sampai 19 Desember 2007. Siswa yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Penjualan (X Pj) pada SMK Islam di Kota Batu tahun pelajaran 2007/2008 yang berjumlah 33 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (action research). Instrumen penelitian yang digunakan meliputi dokumen soal tes lembar observasi format penilaian pedoman wawancara dan lembar catatan lapangan. Analisis data pada penelitian dilakukan dengan cara membandingkan persentase ketuntasan belajar siswa secara keseluruhan sebelum tindakan diberikan dan setelah tindakan diberikan pada masing-masing siklus serta membandingkan persentase ketuntasan belajar siswa secara keseluruhan setelah tindakan pada kedua siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif model TGT dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa kelas X Pj di SMK Islam Batu pada mata diklat Kewirausahaan. Peningkatan persentase keberhasilan tindakan pada kemampuan berpikir kreatif pada siklus 1 ke siklus 2 ditinjau dari aspek fluentcy sebesar 22 56% aspek flexibility sebesar 19 20% aspek originality sebesar 27 28% aspek elaboration sebesar 33 34% dan aspek keterampilan mengevaluasi sebesar 33 22%. Sedangkan peningkatan ketuntasan belajar secara keseluruhan (klasikal) pada siklus 1 ke siklus 2 sebesar 27 27% untuk aspek kognitif dan afektif serta peningkatan ketuntasan belajar secara keseluruhan (klasikal) sebesar 36 37% untuk aspek psikomotorik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan pada guru-guru mata diklat Kewirausahaan lainnya agar mencoba menerapkan pembelajaran kooperatif model TGT dalam proses pembelajaran kewirausahaan di kelas. Sebelum pelaksanaan pembelajaran kooperatif model TGT (Teams-Games-Tournament) sebaiknya guru mempersiapkan perangkat dan media penunjang pembelajarannya terlebih dahulu. Selain itu perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai penerapan metode pembelajaran kooperatif model TGT dalam pembelajaran mata diklat lainnya agar diperoleh hasil penelitian yang representatif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Jul 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/27566 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |