Penerapan model pembelajaran peta pikiran (mind mapping) sebagai upaya mencapai ketuntasan belajar siswa pada mata diklat pemasaran barang dan jasa di SMK Negeri 1 Jombang / Lutfiyatul Latifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran peta pikiran (mind mapping) sebagai upaya mencapai ketuntasan belajar siswa pada mata diklat pemasaran barang dan jasa di SMK Negeri 1 Jombang / Lutfiyatul Latifah

Lutfiyatul Latifah (2009) Penerapan model pembelajaran peta pikiran (mind mapping) sebagai upaya mencapai ketuntasan belajar siswa pada mata diklat pemasaran barang dan jasa di SMK Negeri 1 Jombang / Lutfiyatul Latifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat menuntut adanya perubahan dan perkembangan disegala bidang termasuk dalam dunia pendidikan. Karena pendidikan mempunyai peran penting untuk menciptakan kehidupan yang cerdas damai terbuka dan demokratis. Sejalan dengan perkembangan tersebut maka tuntutan kualitas pendidikan juga semakin tinggi. Penerapan pembelajaran yang bervariasi misal peta pikiran diharapkan dapat membantu siswa lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Sehingga pembelajaran tidak lagi berpusat pada guru melainkan siswa juga terlibat didalamnya. Peta pikiran (mind mapping) adalah metode mempelajari konsep yang ditemukan oleh Tony Buzan. Konsep ini didasarkan pada cara kerja otak kita menyimpan informasi. Model pembelajaran peta pikiran ini jika diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah diharapkan dapat membantu siswa dalam mengatasi kesulitan belajarnya dan meningkatkan hasil belajar yang diperoleh sehingga ketuntasan belajar akan tercapai. Ketuntasan belajar siswa adalah indikator penguasaan siswa terhadap materi yang telah diajarkan. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Jombang. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui penerapan model pembelajaran peta pikiran (mind mapping) di SMK Negeri 1 Jombang (2) Mengetahui model pembelajaran peta pikiran (mind mapping) dapat menuntaskan belajar siswa SMK Negeri 1 Jombang dan (3) Mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat penerapan model pembelajaran peta pikiran (mind mapping) di SMK Negeri 1 Jombang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) yaitu suatu studi sistematis terhadap praktik pembelajaran di kelas yang bertujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan kualitas dan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran peta pikiran (mind mapping). Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2. pada masing-masing siklus dilaksanakan selama 2 kali pertemuan dengan alokasi waktu masing-masing pertemuan sebanyak 2 x 45 menit. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII program keahlian Penjualan 1 tahun ajaran 2007/2008 di SMK Negeri 1 Jombang sebanyak 35 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes observasi wawancara dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil observasi ditemukan bahwa hasil ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus 1 adalah sebesar 80% dengan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 24 orang siswa. Hal ini berarti bahwa pada siklus 1 ketuntasan belajar klasikal belum memenuhi standar tingkat penguasaan minimal bahan pelajaran yaitu sebesar 85%. Pada siklus 2 hasil ketuntasan belajar siswa yaitu sebesar 94 29% dengan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 33 orang siswa. Hal ini berarti bahwa pada siklus 2 ketuntasan belajar klasikal sudah memenuhi standar tingkat penguasaan minimal bahan pelajaran yaitu sebesar 85%. Berdasarkan uraian tersebut dapat diartikan bahwa model pembelajaran peta pikiran (mind mapping) dapat mencapai ketuntasan belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan ketuntasan belajar klasikal pada siklus 2 dibandingkan dengan siklus 1 yaitu pada siklus 1 ketuntasan belajar klasikal yang dicapai sebesar 80% meningkat menjadi 94 29% pada siskus 2. Hal ini juga telah dibuktikan oleh Insania bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi belajar menggunakan peta pikiran (mind mapping) dapat mencapai ketuntasan belajar siswa sebesar 93 18% siswa telah tuntas belajar. Selanjutnya Widyawati juga pernah membuktikan bahwa penerapan strategi belajar menggunakan peta pikiran (mind mapping) dapat mencapai ketuntasan belajar siswa sebesar 90% siswa telah tuntas belajar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran peta pikiran (mind mapping) dapat mencapai ketuntasan belajar siswa SMK Negeri 1 Jombang pada mata diklat Pemasaran Barang dan Jasa. Bagi guru mata diklat pemasaran barang dan jasa disarankan menggunakan model pembelajran peta pikiran (mind mapping) sebagai variasi dalam mengajar karena model pembelajaran ini terbukti dapat mencapai ketuntasan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27564

Actions (login required)

View Item View Item