Pengembangan bahan ajar menulis teks ulasan dengan memanfaatkan novel dunia cecilia / Devi Catur Nilasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar menulis teks ulasan dengan memanfaatkan novel dunia cecilia / Devi Catur Nilasari

Nilasari, Devi Catur (2022) Pengembangan bahan ajar menulis teks ulasan dengan memanfaatkan novel dunia cecilia / Devi Catur Nilasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah dihasilkannya produk bahan ajar bimbingan menulis teks ulasan yang berangkat dari novel Dunia Cecilia. Bahan ajar menulis teks ulasan ini dikembangkan untuk menjadi solusi minimnya bahan ajar mengenai teks ulasan. Buku bahan ajar ini diperkaya dengan berbagai bentuk latihan soal untuk mengasah kemampuan siswa. Metode penelitian pengembangan ini terkait dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan antara lain (1) analisis (analysis) (2) desain (design) (3) pengembangan (development) (4) implementasi (implementation) dan (5) evaluasi (evaluation). Tahap analisis dilakukan dengan menyebarkan angket siswa dan mewawancarai guru Bahasa Indonesia. Tahap desain dilakukan dengan cara merancang dan penyusunan garis besar buku yang dikembangkan. Tahap pengembangan dilakukan dengan cara pengumpulan materi penyusunan isi buku dan soal latihan. Pada tahap implementasi validasi bahan ajar dilakukan oleh ahli materi media dan praktisi. Selanjutnya yakni analisis data hasil uji validasi oleh validator. Data kualitatif dari laporan dan umpan balik validator. Data kuantitatif dari hasil angket uji validasi. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa bahan ajar ini valid dan bermanfaat untuk mengevaluasi karya sastra.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/275606

Actions (login required)

View Item View Item