Penokohan dan nilai dalam kumpulan cerpen Juragan Haji karya helvy tiana rosa / Duanne Ranee Justisia - Repositori Universitas Negeri Malang

Penokohan dan nilai dalam kumpulan cerpen Juragan Haji karya helvy tiana rosa / Duanne Ranee Justisia

Justisia, Duanne Ranee (2022) Penokohan dan nilai dalam kumpulan cerpen Juragan Haji karya helvy tiana rosa / Duanne Ranee Justisia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Pendidikan sangat penting sebagai landasan dan bekal masa depan. Pengembangan karakter melalui pendidikan merupakan salah satu cara untuk mengembangkan sumber daya manusia yang handal dan berbudaya. Seperti diketahui kementrian saat ini terus-menerus mendorong pendidikan karakter dalam beberapa tahun terakhir. Sastra dijadikan jembatan penghubung antara siswa dengan pendidikan karakter mengingat bahwa dalam karya sastra terdapat nilai-nilai pembentukan karakter. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penokohan dan nilai pendidikan karakter dalam kumpulan cerpen Juragan Haji karya Helvy Tiana Rosa. Penelitian ini menggunakan pendekatan objektif dan pendekatan pragmatik. Jenis penelitian ini ialah penelitian analisis teks atau dokumen. Data penelitian yaitu 17 cerpen dan sumber data adalah kumpulan cerpen Juragan Haji Karya Helvy Tiana Rosa. Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka. Tahap penelitian ini meliputi 1) reduksi data 2) penyajian data dan 3) penarikan kesimpulan. Hasil temuan menunjukkan bahwa (1) dalam penggambaran penokohan menggunakan teknik analitik dan dramatik. Teknik analitik terlihat dalam 14 judul cerpen dan teknik dramatik terlihat dalam 17 judul cerpen. Dapat disimpulkan bahwa teknik dramatik lebih banyak ditemukan dalam kumpulan cerpen Juragan Haji. (2) dari 18 nilai pendidikan karakter ternyata terdapat 17 pendidikan karakter dalam kumpulan cerpen Juragan Haji karya Helvy Tiana Rosa. Ketujuh belas nilai pendidikan karakter tersebut yaitu nilai pendidikan religius nilai pendidikan jujur nilai pendidikan toleransi nilai pendidikan disiplin nilai pendidikan kerja keras nilai pendidikan mandiri nilai pendidikan demokratis nilai pendidikan rasa ingin tau nilai pendidikan semangat kebangsaan nilai pendidikan cinta tanah air nilai pendidikan menghargai prestasi nilai pendidikan bersahabat/komunikatif nilai pendidikan cinta damai nilai pendidikan gemar membaca nilai pendidikan peduli lingkungan nilai pendidikan peduli sosial nilai pendidikan tangung jawab. Nilai pendidikan karakter yang tidak muncul adalah nilai pendidikan kreatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/275605

Actions (login required)

View Item View Item