Pendidikan vokasi batik jumputan untuk anak tunagrahita ringan kelas xi di slb negeri metro provinsi lampung / Farid Seto Nugroho - Repositori Universitas Negeri Malang

Pendidikan vokasi batik jumputan untuk anak tunagrahita ringan kelas xi di slb negeri metro provinsi lampung / Farid Seto Nugroho

Nugroho, Farid Seto Nugroho (2022) Pendidikan vokasi batik jumputan untuk anak tunagrahita ringan kelas xi di slb negeri metro provinsi lampung / Farid Seto Nugroho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nugroho Farid Seto. 2022. Pendidikan Vokasi Batik Jumputan Untuk Anak Tunagrahita Ringan Kelas XI Di Slb Negeri Metro Provinsi Lampung. Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs.Abdul Huda M.Pd (II) Sopingi S. Sos M.Pd. Kata kunci Vokasional batik jumputan tunagrahita Pembelajaran keterampilan hidup mandiri dapat diterapkan pada anak tunagrahita. Pembelajaran keterampilan vokasional batik jumputan dengan teknik ikat dan teknik jahit bagi anak tunagrahita merupakan jenis vokasi baru yang ditemukan di SLB Negeri Metro. Hal ini didasarkan sebagai upaya penguatan dan revitalisasi batik agar dapat mengeksplorasi lebih banyak lagi tentang jenis-jenis batik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Pendidikan vokasional bertujuan untuk menghasilkan produk yang ramah lingkungan (2) Pelaksanaan pendidikan vokasional menggunakan 2 kurikulum sekaligus (3) Kegunaan pendidikan vokasional yaitu melatih motorik dan psikomotor kreativitas menambah dan mengasah life skill dan (4) Evaluasi pendidikan vokasional mempertimbangkan beberapa kelebihan kekurangan kendala dan upaya dari pendidikan vokasional batik jumputan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Langkah-langkah analisis data dilakukan dengan analisis interaktif dengan tahapan sebagai berikut pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pendidikan vokasional bertujuan untuk menghasilkan produk yang ramah lingkungan (2) Pelaksanaan pendidikan vokasional menggunakan 2 kurikulum sekaligus (3) Kegunaan pendidikan vokasional yaitu melatih motorik dan psikomotor kreativitas menambah dan mengasah life skill dan (4) Evaluasi pendidikan vokasional mempertimbangkan beberapa kelebihan kekurangan kendala dan upaya dari pendidikan vokasional batik jumputan. Saran yang diajukan dalam penelitian ini kepada kepala sekolah diharapkan melakukan penjaringan bakat dan minat dalam vokasi batik. Saran untuk guru berupa pentingnya menggali lebih dalam potensi pada seluruh anak. Sementara itu peneliti selanjutnya dapat mengembangkan penelitian ini dengan mengkaji lebih banyak sumber maupan referensi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/275587

Actions (login required)

View Item View Item