Pengaruh motivasi oleh orang tua dan kecerdasan emosional (EQ) terhadap prestasi belajar siswa kelas I SMK Muhammadiyah 3 Singosari Malang / Puji Santoso - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh motivasi oleh orang tua dan kecerdasan emosional (EQ) terhadap prestasi belajar siswa kelas I SMK Muhammadiyah 3 Singosari Malang / Puji Santoso

Puji Santoso (2009) Pengaruh motivasi oleh orang tua dan kecerdasan emosional (EQ) terhadap prestasi belajar siswa kelas I SMK Muhammadiyah 3 Singosari Malang / Puji Santoso. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prestasi belajar merupakan suatu gambaran dari penguasaan kemampuan para peserta didik sebagaimana telah ditetapkan untuk suatu pelajaran tertentu. Prestasi belajar ini sangat erat hubungannya dengan motivasi oleh orang tua dan kecerdasan emosional. Motivasi oleh orang tua adalah dorongan dari luar yang diberikan orang tua untuk mengarahkan anak-anaknya dalam peningkatan prestasi belajar mereka. Motivasi ini sangat penting diberikan karena merupakan motor penggerak bagi anak dalam meningkatkan prestasinya. Motivasi ini juga dapat menjadi penguat bagi anak untuk berada dalam performansi terbaiknya sehingga dicapailah berbagai prestasi di sekolah. Sedangkan kecerdasan emosional merupakan kemampuan seseorang dalam memandu pikiran dan perasaan diri sendiri dan orang lain yang diwujudkan dalam kemampuan untuk mengenali perasaan dirinya sendiri dan perasaan orang lain memotivasi diri sendiri dan kemampuan mengelola emosi dengan baik pada diri sendiri dan dalam hubungan dengan orang lain. Kecerdasan emosional (EQ) mampu menjadi alat untuk pengendalian diri sehingga seseorang siswa tidak terjerumus ke dalam tindakan-tindakan bodoh yang merugikan diri sendiri maupun orang lain. Kecerdasan emosional juga dapat dijadikan sebagai cara yang baik untuk membangun hubungan siswa dengan orang-orang di sekitar mereka dengan hubungan baik yang didasari kecerdasan emosional siswa lebih mendapatkan simpati dan dukungan dari orang tua guru dan teman-temannya serta kebersamaan dalam proses belajarnya. Penelitian ini berupaya menguji teori apakah ada pengaruh antar motivasi oleh orang tua dan kecerdasan emosional (EQ) terhadap prestasi belajar siswa khususnya pada siswa kelas I SMK Muhammadiyah 3 Singosari Malang dalam rangka menigkatkan prestasi belajar pada siswa di sekolah yang bersangkutan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh antar motivasi oleh orang tua dan kecerdasan emosional (EQ) terhadap prestasi belajar siswa kelas I SMK Muhammadiyah 3 Singosari Malang baik secara parsial maupun simultan . Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara motivasi oleh orang tua dan kecerdasan emosional (EQ) baik secara parsial maupun simultan terhadap prestasi belajar siswa kelas I SMK Muhammadiyah 3 Singosari Malang Berdasarkan pada rumusan masalah tersebut tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi oleh orang tua dan kecerdasan emosional (EQ) terhadap prestasi belajar siswa kelas I SMK Muhammadiyah 3 Singosari Malang. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dan eksplanatory variabel bebas dalam penelitian ini adalah Motivasi Oleh Orang Tua (X1) dan Kecerdasan Emosional (X2). Sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar siswa (Y) populasi penelitian ini yaitu siswa kelas I SMK Muhammadiyah 3 Singosari Malang yang berjumlah 194 siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik proportional random sampling yaitu Teknik sampling ( teknik pengambilan sampel) yang memberikan peluang yang sama bagi setiap unsur (anggota) populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel dan sampelnya diperoleh secara acak dari subjek-subjek dalam populasi yang terdiri dari beberapa kelompok serta pengambilan subjek dalam setiap kelompok populasi ditentukan seimbang atau sebanding dengan banyaknya subyek dalam masing-masing kelompok. Sampel yang digunakan yaitu sebanyak 66 siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 3 Singosari Malang di bulan April dan bulan Mei 2007. Teknik yang digunakan untuk pengambilan data yaitu angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan teknik analisis regresi linier berganda.Teknik analisis regresi digunakan untuk menganalisis pengaruh motivasi oleh orang tua dan kecerdasan emosional (EQ) terhadap prestasi belajar siswa kelas I SMK Muhammadiyah 3 Singosari Malang baik secara parsial maupun simultan. Dari hasil penelitian (1) Pemberian motivasi orang tua terhadap siswa kelas I SMK Muhammadiyah 3 Singosari Malang sebagian besar adalah tinggi. (2) Siswa kelas I SMK Muhammadiyah 3 Singosari Malang sebagian besar telah memiliki tingkat kecedasan emosional (EQ) yang tinggi. (3) Siswa kelas I SMK Muhammadiyah 3 Singosari Malang sebagian besar memiliki tingkat prestasi belajar cukup. (4) Motivasi oleh orang tua berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan probabilitas sig. t 0 00 0 05 dan t hitung 5 541 t tabel 2 000. (5) Kecerdasan emosional (EQ) berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan probabilitas sig. t 0 00 0 05 dan t hitung 7 269 t tabel 2 000. (6) Motivasi oleh orang tua dan kecerdasan emosional (EQ) berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan probabilitas sig. F 0 000 0 05 dan F hitung 80 352 F tabel 3 15.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27558

Actions (login required)

View Item View Item