Pengaruh penggunaan media teka teki silang bergambar guna meningkatkan kemampuan membaca bahasa Inggris siswa tunagrahita kelas VII di SMPLB Sumber Dharma Malang - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan media teka teki silang bergambar guna meningkatkan kemampuan membaca bahasa Inggris siswa tunagrahita kelas VII di SMPLB Sumber Dharma Malang

Faiza, Zahwa Nur (2022) Pengaruh penggunaan media teka teki silang bergambar guna meningkatkan kemampuan membaca bahasa Inggris siswa tunagrahita kelas VII di SMPLB Sumber Dharma Malang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan yang dimiliki oleh siswa tunagrahita dalam membaca Bahasa Inggris masih tergolong kategori rendah dibandingkan dengan siswa pada umumnya. Dalam pembelajarannya siswa tunagrahita memerlukan bantuan berupa media untuk memudahkan siswa dalam memahami materi yang dijelaskan oleh guru. Salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran adalah teka teki silang bergambar. Selain dapat memudahkan pemahamana teka teki silang juga dapat membuat kegiatan pembelajaran lebih menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan membaca siswa tunagrahita pada pembelajaran Bahasa Inggris sebelum dan sesudah diterapkannya media teka teki silang bergambar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan Pre Eksperimental Design yang berbentuk One Group Pretest-Posttest Design. Untuk proses pengumpulan data menggunakan instrumen tes berupa soal. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan subjek siswa tunagrahita kelas VII SMPLB Sumber Dharma Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penggunaan media teka teki silang bergambar kemampuan membaca Bahasa Inggris siswa mengalami peningkatan berdasarkan perbedaan nilai yang didapatkan pada saat pretest dan posttest. Nilai yang didapatkan ketika posttest lebih besar dibandingkan dengan nilai yang didapatkan pada saat pretest. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan media teka teki silang memiliki pengaruh dalam meningkatkan kemampuan membaca Bahasa Inggris siswa. Hal tersebut dapat diketahui melalui hasil uji wilcoxon yang menunjukkan bahwa Asymp. Sig. (2-tailed) lt 0 05.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Mar 2022 04:29
Last Modified: 14 Aug 2023 08:54
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/275572

Actions (login required)

View Item View Item