Pengaruh penggunaan media papan epikolasi dalam meningkatkan keterampilan memakai sepatu siswa tunagrahita kelas iii di slb c autis negeri kedungkandang / Shela Wulansari Fatimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan media papan epikolasi dalam meningkatkan keterampilan memakai sepatu siswa tunagrahita kelas iii di slb c autis negeri kedungkandang / Shela Wulansari Fatimah

Fatimah, Shela Wulansari Fatimah (2022) Pengaruh penggunaan media papan epikolasi dalam meningkatkan keterampilan memakai sepatu siswa tunagrahita kelas iii di slb c autis negeri kedungkandang / Shela Wulansari Fatimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fatimah Shela Wulansari. 2022. Pengaruh Penggunaan Media Papan Epikolasi Dalam Meningkatkan Keterampilan Memakai Sepatu Siswa Tunagrahita Kelas III di SLB C Autis Negeri Kedungkandang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Wiwik Dwi Hastuti M.Pd dan (II) Drs. Abdul Huda M.Pd Kata Kunci Tunagrahita Keterampilan Memakai Sepatu Media Papan Epikolasi Dunia Tunagrahita ialah seseorang yang memiliki tingkat intelektualitas dibawah orang pada umumnya yaitu dibawah 90. Hal ini menyebabkan hamper seluruh aspek kehidupan bagi penyandang tunagrahita memiliki hambatan baik dari segi social komunikasi maupun kegiatan akademik. Salah satunya ialah kemampuan merawat diri yang tergolong rendah. Memakai sepatu merupakan kegiatan yang dilakukan sebelum berangkat sekolah ataupun hendak keluar rumah. Pembelajaran tentang memakai sepatu disekolah pada dasarnya sudah diajarkan namun tidak dengan penggunaan media. Salah satu media yang dapat digunakan ialah dengan media papan epikolasi yang berbentuk papan tempel. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kemampuan anak sebelum diberikan perlakuan atau yang disebut baseline-1 (A1) (2) mendeskripsikan kemampuan anak setelah adanya perlakuan yang di jabarkan dalam hasil data intervensi (B) dan baseline-2 (A2) dan (3) untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media papan epikolasi dalam meningkatkan keterampilan siswa tunagrahita kelas III di SLB C Autis Negeri Kedungkandang. Penelitian ini menggunakan metode SSR (Single Subject Research) dengan desain A-B-A dengan hasil penelitian menunjukkan adanya presentase overlap pada baseline-1 (A1) dan intervensi (B) sebesar 0%. Sehingga dari perhitungan tersebut dapat diketahui bahwa adanya pengaruh dalam peningkatan kemampuan target behaviour. Hasil yang didapat pada sesi baseline-1 memiliki nilai dibawah 60% pada saat intervensi terjadi peningkatan dengan nilai 80% dan pada sesi baseline 2 dibandingkan dengan sesi baseline 1 mengalami peningkatan dengan nilai 70%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa pengaruh penggunaan media papan epikolasi dalam meningkatkan keterampilan siswa tunagrahita kelas III di SLB C Autis Negeri Kedungkandang. Peneliti berharap agar penggunaan media seperti ini atau pengembangan lainnya dapat trerus dilakukan sebagai upaya untuk membantu kebutuhan belajar siswa disekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/275571

Actions (login required)

View Item View Item