Upaya peningkatan motivasi dan hasil belajar mata diklat pemasaran barang dan jasa melalui pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS) pada SMK Negeri 2 Blitar / Lailatul Fitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya peningkatan motivasi dan hasil belajar mata diklat pemasaran barang dan jasa melalui pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS) pada SMK Negeri 2 Blitar / Lailatul Fitri

Lailatul Fitri (2009) Upaya peningkatan motivasi dan hasil belajar mata diklat pemasaran barang dan jasa melalui pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS) pada SMK Negeri 2 Blitar / Lailatul Fitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Di era modern sekarang ini kita dihadapkan pada sebuah tantangan yang tidak ringan berupa perubahan dalam semua lini dan aspek kehidupan sebagai akibat derasnya arus globalisasi dan perubahan sosial. Paradigma lama yang menganggap bahwa sudah merupakan tugas guru untuk mengajar dan menyodori siswa dengan muatan-muatan informasi dan pengetahuan. Derasnya arus informasi sudah tidak memungkinkan lagi bagi guru untuk bersikap maha tahu dan beranggapan siswa perlu dimasuki dengan berbagai pengetahuan dan informasi. Agar bisa lebih siap memasuki era informasi siswa perlu diajarkan bagaimana caranya untuk mendapatkan informasi sendiri apakah berasal dari guru teman bahan-bahan pelajaran ataupun sumber-sumber lain. Pembelajaran yang melibatkan siswa aktif berpikir adalah sangat penting untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Karena siswa selalu meng update ilmu pengetahuannya sendiri tanpa harus menunggu perintah dari guru. Banyak model pembelajaran kooperatif yang berhasil dikembangkan oleh para peneliti di bidang pendidikan dan telah diterapkan pada kegiatan pembelajaran di kelas. Salah satunya adalah Think Pair Share (TPS). Keuntungan dari model ini adalah optimalisasi partisipasi siswa dapat membantu siswa untuk berpikir berdiskusi dengan teman dan melatih siswa untuk mengungkapkan pendapatnya di depan kelas. Motivasi dan hasil belajar Pemasaran Barang Dan Jasa yang relative masih rendah ditunjukkan dengan persentase ketuntasan belajar klasikal kurang dari 85%. Adanya kecenderungan pola belajar siswa yang masih mengandalkan guru dan siswa kurang terlibat dalam proses pembelajaran. Peneliti ingin menerapkan pembelajaran koopertif model Think Pair Share (TPS) secra maksimal. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil penerapan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS) dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada siswa kelas 2 Pj 1 SMK Negeri 2 Blitar. Data motivasi belajar siswa dikumpulkan dengan metode angket hasil belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan rubrik aktivitas siswa dan ketepatan guru dalam menerapkan pembelajaran dikumpulkan dengan teknik observasi catatan lapangan dan wawancara. Data motivasi belajar yang dianalisis menunjukkan peningkatan motivasi belajar menunjukkan bahwa dari 40 siswa ada dua (2) siswa yang memiliki motivasi dalam kategori Sangat Baik lima (5) siswa yang memiliki motivasi belajar dalam kategori Cukup dan sisanya yaitu sejumlah tiga puluh tiga (33) siswa memiliki motivasi dengan kategori Baik . Data hasil belajar siswa segi kognitif siswa yang tuntas belajar pada Siklus I sebanyak 17 siswa (42.5%) dan jumlah siswa yang belum tuntas belajar sebanyak 23 siswa (57.5%). Pada siklus II ini terjadi peningkatan ketuntasan belajar secara signifikan. Ketuntasan belajar yang hanya mencapai (42.5%) pada siklus I meningkat menjadi (100%). Hasil belajar segi afektif siswa yang dikategorikan tuntas belajar pada siklus I sebanyak 28 siswa (70%) dan siswa yang dikategorikan belum tuntas belajar sebanyak 12 siswa (30%). Sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang dikategorikan tuntas belajar sebanyak 35 siswa (87.5%) dan jumlah siswa yang belum tuntas belajar sebanyak 5 siswa (12.5%). Dan hasil belajar aspek psikomotorik siswa yang dikategorikan tuntas belajar pada siklus I sebanyak 19 siswa (48%) dan jumlah siswa yang belum tuntas belajar sebanyak 21 siswa (52%). Sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 33 siswa (83%) dan jumlah siswa yang belum tuntas belajar sebanyak 7 siswa (17%). Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat diajukan adalah (1) sebagai bahan pertimbangan bagi guru mata diklat Pemasaran Barang dan Jasa di SMK Negeri 2 Blitar untuk menerapkan pembelajaran Kooperatif model Think Pair Share (TPS) dalam pembelajaran mata diklat pemasaran barang dan jasa (2) pemberian tugas kelompok untuk dikerjakan dirumah disesuaikan dengan wilayah tempat tinggalnya sangat dianjurkan karena dapat memupuk rasa saling membantu saling toleransi antar anggota kelompok yang dapat memberikan dampak positif bagi siswa yakni peningkatan motivasi dan kemauan belajar yang tinggi. Dan dapat digunakan sebagai latihan soal oleh siswa (3) guru mata diklat Pemasaran Barang dan Jasa hendaknya mampu untuk lebih dapat meningkatkan aspek psikomotorik siswa salah satunya dengan membiasakan siswa untuk presentasi dan diskusi di depan kelas (4) bagi guru yang ingin menerapkan pembelajaran Kooperatif model Think pair share (TPS) hendaknya memperhatikan antara lain alokasi waktu aktivitas siswa dan tahapan-tahapan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27557

Actions (login required)

View Item View Item