Pengaruh media big book terhadap kemampuan toilet training bagi siswa tunagrahita di slb bcg sumber dharma malang / Sophia Alifiarini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh media big book terhadap kemampuan toilet training bagi siswa tunagrahita di slb bcg sumber dharma malang / Sophia Alifiarini

Alifiarini, Sophia Alifiarini (2023) Pengaruh media big book terhadap kemampuan toilet training bagi siswa tunagrahita di slb bcg sumber dharma malang / Sophia Alifiarini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tunagrahita merupakan kondisi individu yang memiliki kecerdasan jauh di bawah rata-rata yang ditandai dengan keterbatasan intelegensi dan ketidakmampuan dalam berkomunikasi sosial (interaksi). Keterbatasan intelektual yang dimiliki berdampak pada ketidakmampuan mengerjakan tugas-tugas akademik interaksi sosial dan berkomunikasi. Selain keterbatasan dalam bidang akademik akan berdampak juga pada ketidakmampuan dalam bina diri salah satunya yaitu kemampuan toilet training secara mandiri. Berdasarkan hal tersebut dibutuhkan pemanfaatan media yang menarik sehingga dapat membantu anak dalam pembelajaran toilet training. Big Book adalah salah satu media bergambar yang berisi kegiatan-kegiatan dalam melakukan toilet training dengan benar. Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan kemampuan toilet training siswa tunagrahita sebelum menggunakan media Big Book pada kondisi baseline-1 (A1). (2) Mendeskripsikan kemampuan toilet training siswa tunagrahita saat menggunakan media Big Book pada kondisi Intervensi (B). (3) Mendeskripsikan kemampuan toilet training siswa tunagrahita setelah menggunakan media Big Book pada kondisi Baseline-2 (A2). (4) Mendeskripsikan pengaruh media Big Book terhadap kemampuan toilet training siswa tunagrahita. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A rsquo . Subjek penelitian D berusia 8 tahun yang berjenis kelamin perempuan. Adapun jenis pengukuran yang digunakan adalah persentase. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis antar kondisi dan analisis dalam kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perubahan peningkatan mean level pada kondisi baseline-1 (A1) dengan hasil 53 72% meningkat pada kondisi intervensi (B) dengan hasil 79% serta mengalami peningkatan pada kondisi baseline-2 (A2) dengan hasil 88 3%. Perhitungan persentase overlap antara kondisi baseline-1 ke kondisi intervensi sebesar 0%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media Big Book terhadap kemampuan bina diri toilet training anak tunagrahita. Saran dari penelitian ini antara lain (1) Guru perlu melakukan pengembangan kemampuan bina diri toilet training pada siswa dengan memanfaatkan media Big Book. (2) Orang tua perlu disiplin dalam meningkatkan kemandirian toilet training pada anak agar dapat menghilangkan kebiasaan kebergantungan pada orang sekitar. (3) Peneliti selanjutanya perlu melakukan penelitian dengan menggunakan lebih dari satu subjek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/275569

Actions (login required)

View Item View Item