Peningkatan kemampuan mengenal konsep angka menggunakan media mathematical intelligence stick pada siswa tunagrahita Kelas iii di SLB Widya Shantika Karangploso Malang / Vera Melinda Nurdianingsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan mengenal konsep angka menggunakan media mathematical intelligence stick pada siswa tunagrahita Kelas iii di SLB Widya Shantika Karangploso Malang / Vera Melinda Nurdianingsih

Nurdianingsih, Vera Melinda (2022) Peningkatan kemampuan mengenal konsep angka menggunakan media mathematical intelligence stick pada siswa tunagrahita Kelas iii di SLB Widya Shantika Karangploso Malang / Vera Melinda Nurdianingsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Melinda Vera. 2022. Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Angka Menggunakan Media Mathematical Intelligence Stick Pada Siswa Tunagrahita Kelas Iii Di Slb Widya Shantika Karangploso Malang. Skripsi Prodi S1 - Pendidikan Luar Biasa Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Mohammad Efendi M.Pd M.Kes Pembimbing (II) Dr. Sulthoni M.Pd. Tunagrahita dibagi menjadi 3 menurut Wikasanti salah satunya yaitu Tunagrahita Sedang yang memiliki IQ rentang IQ 36-51 pada Skala Binet dan sedangkan 54-40 menurut Skala Wescheler (WISC). Anak keterbelakangan mental sedang atau Tunagrahita Sedang bisa mencapai perkembangan (MA) atau kemampuan mental sama dengan umur kurang lebih 7 tahun mereka dapat di didik untuk tujuan fungsional di sekolah mengurus diri sendiri melindungi diri sendiri dari bahaya. Dengan pemberian media sebagai jembatan proses belajar mengajar pendidik akan lebih memaksimalkan upaya mencapai tujuan belajar anak. Media mathematical intelligence stick adalah salah satu media matematika penunjang yang dapat mempermudah menyampaikan materi konsep lambang bilangan atau angka. Dalam penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui apakah adanya keefektifan menggunakan media mathematical intelligence stick terhadap anak tunagrahita sedang kelas III di SLB Widya Shantika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pre-experimental dengan desain One Group Pre-Test-Post-Test dan melakukan treatment sebanyak 2 kali. Subjek penelitian ini adalah anak tunagrahita sedang kelas III yang berjumlah 5 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis test ranking bertanda (Wilcoxon Sign Rank Test). Hasil penelitian menunjukkan adanya keefektifan dalam penggunaan media mathematical intelligence stick terhadap peningkatan kemampuan mengenal konsep lambang bilangan 1 sampai 20 pada anak tunagrahita kelas III di SLB Widya Shantika Karangploso Malang. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan kemampuan anak setelah diberikan treatment sebanyak 2 kali dilihat dari rata-rata skor pada hasil pre-test yaitu 34 6% meningkat menjadi 70 00% pada hasil post-test. Nilai tersebut membuktikan bahwa kemampuan anak dalam memahami materi konsep lambang bilangan 1 sampai 20 meningkat sebanyak 35 4%. Kata Kunci Tunagrahita sedang Matematika Lambang Bilangan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/275567

Actions (login required)

View Item View Item