Upaya meningkatkan keterampilan motorik kasar melalui permainan bola kecil pada anak cerebral palsy / Laura Febriana - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya meningkatkan keterampilan motorik kasar melalui permainan bola kecil pada anak cerebral palsy / Laura Febriana

Febriana, Laura Febriana (2022) Upaya meningkatkan keterampilan motorik kasar melalui permainan bola kecil pada anak cerebral palsy / Laura Febriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh salah satu kasus anak Cerebral palsy yang mengalami kurangnya keterampilan motorik kasar pada salah satu peserta didik yang ada di SLB Sumber Dharma Malang. Motorik kasar sendiri menjadi penting dalam kehidupan terutama di masa perkembangan anak. Motorik kasar melibatkan sebagian besar dari anggota tubuh. Kegiatan yang melibatkan motorik kasar antara lain ialah meloncat memanjat dan lain sebagainya. Pada kasus penelitian ini subjek mengalami kesulitan untuk memegang suatu benda dikarenakan lemahnya otot pada tangan. Hal tersebut menganggu aktivitas subjek dimana usia subjek sedang berada di fase aktif-aktifnya. Perlu diberikan perlakuan atau latihan khusus untuk peningkatan motorik kasar pada subjek. Permainan bola kecil merupakan salah satu kegiatan yang sederhana bisa digunakan untuk melatih peningkaan keterampilan motorik kasar pada anak. Tujuan dari penelitian ini ialah mendeskripsikan pengaruh pemberian permainan bola kecil terhadap peningkatan keterampilan motorik kasar pada siswa Cerebral palsy. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan yakni metode eksperimen SSR. Desain SSR yang digunakan ialah desain A-B-A yakni dengan mengetahui kondisi setelah pemberian intervensi. Pemberian permainan bola kecil kemudian mencatatkan hasil skor merupakan bagian dari teknik pengumpulan data. Hasil analisis data yang dilakukan terdapat pengaruh dari pemberian permainan bola kecil terhadap keterampilan motorik kasar pada siswa Cerebral palsy. Hal tersebut mengindikasikan keberhasilan permainan bola kecil yang diberikan pada subjek untuk peningkatan keterampilan motorik kasar pada subjek. Saran dari dilakukannya penelitian ini ialah untuk meningkatkan keterampilan motorik kasar pada anak Cerebral palsy dapat dilakukan dengan permaianan yang sederhana sekalipun. Guru serta orang tua dapat mengembangkan permainan bola kecil menjadi lebih variatif agar menstimulus peningkatan motorik kasar pada anak. Sekolah dapat juga memfasilitasi untuk anak belajar dan meningkatkan motorik kasarnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/275562

Actions (login required)

View Item View Item