Pengaruh penggunaan media pohon hitung terhadap kemampuan penjumlahan pada siswa Tunagrahita di SLB Idayu 2 Pakis Malang - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan media pohon hitung terhadap kemampuan penjumlahan pada siswa Tunagrahita di SLB Idayu 2 Pakis Malang

Ambarwati, Adniana (2022) Pengaruh penggunaan media pohon hitung terhadap kemampuan penjumlahan pada siswa Tunagrahita di SLB Idayu 2 Pakis Malang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anak tunagrahita merupakan anak yang memiliki hambatan dalam perkembangan kognitifnya sehingga memiliki ingatan yang lemah. Salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh anak tunagrahita dalam pembelajaran adalah keterampilan berhitung penjumlahan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan kemampuan operasi hitung penjumlahan siswa tunagrahita di SLB Idayu 2 Pakis Malang sebelum menggunakan media pohon hitung. (2) Mendeskripsikan keampuan operasi hitung penjumlahan siswa tunagrahita di SLB Idayu 2 Pakis Malang sesudah menggunakan media pohon hitung. (3) Mendeskripsikan pengaruh penggunaan media pohon hitung terhadap kemampuan penjumlahan paa siswa tunagrahita di SLB Idayu 2 Pakis Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian metode Eksperimen One Group Pre-Test Post-test. Analisis data menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test dengan bantuan program SPSS 23 For Windows dengan taraf signifikan alpha 0 05. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah peserta didik di SLB Idayu 2 Pakis Malang berjumlah 5 subjek. Hasil penelitian sebelum diberi perlakuan mendapatkan nilai rata-rata 62 dengan kategori cukup dan sesudah diberi perlakuan mendapat nilai rata-rata 90 dalam kategori sangat baik. Hasil melalui hipotesis yang telah dilakukan dengan menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test dengan bantuan program SPSS 23 For Windows diperoleh nilai signifikan sebesar 0 041 lt 0 05 dan nilai Zhitung -2 041 maka ada perbedaan nilai pretest dan posttest. Artinya ada perbedaan antara hasil belajar matematika untuk pretest dan posttest. Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh penggunaan media pohon hitung terhadap kemampuan penjumlahan pada siswa tunagrahita di SLB Idayu 2 Pakis Malang. Berdasarkan temuan hasil penelitian maka disarankan untuk pendidik dapat menjadikan media Pohon Hitung sebagai alternatif dalam proses pembelajaran matematika terutama pada operasi hitung penjumlahan. Saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan lebih mampu mengembangkan hasil penelitian ini dengan materi yang berbeda denga mengkombinasikan media yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Dec 2022 04:29
Last Modified: 15 Aug 2023 02:23
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/275561

Actions (login required)

View Item View Item