Implementasi pembelajaran kooperatif dengan model Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar mata diklat pemasaran barang dan jasa kelas 2 Jurusan Penjualan di SMK Pemuda kelas 1 Kesamben Blitar / Devit - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pembelajaran kooperatif dengan model Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar mata diklat pemasaran barang dan jasa kelas 2 Jurusan Penjualan di SMK Pemuda kelas 1 Kesamben Blitar / Devit

Devit (2009) Implementasi pembelajaran kooperatif dengan model Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar mata diklat pemasaran barang dan jasa kelas 2 Jurusan Penjualan di SMK Pemuda kelas 1 Kesamben Blitar / Devit. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perubahan jaman dan kemajuan teknologi membawa pengaruh yang sangat besar dalam dunia pendidikan untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas yang mampu bersaing di era global. Derasnya arus informasi menuntut manusia untuk lebih kritis dalam menanggapi permasalahan yang dihadapi. Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk mengatasi masalah tersebut diantaranya adalah penyempurnaan kurikulum perbaika sarana dan prasarana serta telah diciptakannya beberapa model pembelajaran. Keberhasilan upaya tersebut tidak terlepas dari peran guru dalam rangka membimbing siswa dalam belajar menggunakan berbagai pendekatan dalam pembelajaran. Agar tujuan pembeajaran dapst terapai dengan baik guru diharapkan dapat melubatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran sehingga bisa menciptakan suasana ketergantungan secara positif diantara para siswa sehingga dapat terjalin kerja sama dalam memecahkan masalah. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah dengan penerapan pembelajaran kooperatif dengan model STAD untuk meningkatkan hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif dengan model STAD untuk meningkatkan hasil belajar mata dikalat Pemasaran Barang dan Jasa 2) Mengetahui hasil belajar mata diklat Pemasaran Barang dan Jasa setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif dengan model STAD. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas 2PJ F di SMK Pemuda 1 Kesamben Blitar. Pengumpulan data diperoleh melalui 1) observasi 2) wawancara 3) tes 4) catatan lapangan 5) angket.Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif. Pengecekan keabsahan data menggunakan 1) ketekunan pengamatan 2) triangulasi 3) tes. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus tiap-tiap siklus dilakukan dalam 2 pertemuan dimana pada tiap akhir siklus siswa diberi tes akhir dan pemberian penghargaan. Tahapan tiap siklus melalui beberapa kegiatan 1) perencanaan tindakan 2) pelaksanaan tindakan dimana dalam pelaksanaan tindakan ini melalui beberapa tahap diantaranya a) tahap awal b) tahap inti c) tahap penutup 3) pengamatan 4) penutup. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif dengan model STAD mendapat tanggapan yang positif dari guru maupun dari siswa dan hal ini tirbukti berdasarkan hasil wawancara dan perhitungan dari angket respon siswa dimana secara umum pembelajaran ini dapat membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran ini dapat lebih mempererat hubungan siswa dengan guru maupun antar siswa. Hasil belajar menunjukkan peningkatan dimana nilai rata-rata pre test yang diperoleh peserta didik sebelum diberi tindakan sebesar 35 8 sedangkan hasil post test pada siklus 1 setelah diberi tindakan diperoleh rata-rata 71 94 dan hasil belajar ini meningkat lagi pada hasil post test siklus 2 diperoleh rata-rata kelas sebesar 82 09. Siswa belum ada yang mengalami ketuntasan belajar pada saat pemberian pre test kemudianpada saat pemberian post test siswa yang mengalami ketuntasan belajar diperoleh rata-rata sebesar 77 8 % sebanyak 28 siswa dan mengalami peningkatan pada siklus 2 menjadi 94 1% atau sebanyak 32 siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif dengan model STAD dapat meningkatkan hasil belajar mata diklat Pemasaran Barang dan Jasa. Beberapa saran yang dapat peneliti berikan diantaranya 1) bagi guru mata diklat yang lain hendaknya menggunakan pembelajaran kooperatif dengan model STAD sebagai salah satu altenatif untuk meningkatkan hasil belajar 2) bagi siswa hendaknya mempelajari terlebih dahulu materi yang akan diajarkan sehingga mereka bisa lebih siap apabila guru megadakan pre test 3) bagi peneliti selanjutnya pada penelitian lebih lanjut hendaknya menggunakan subyek penelitian yang berbeda meskipun mata diklatnya sama sehingga bisa lebih memperkuat hasil penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27556

Actions (login required)

View Item View Item