Pemanfaatan media kartu bergambar untuk meningkatkan pengenalan angka pada siswa tunagrahita Kelas II di SLB Putra Mandiri Sidoarjo / Recca Hanun Masayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan media kartu bergambar untuk meningkatkan pengenalan angka pada siswa tunagrahita Kelas II di SLB Putra Mandiri Sidoarjo / Recca Hanun Masayu

Masayu, Recca Hanun (2022) Pemanfaatan media kartu bergambar untuk meningkatkan pengenalan angka pada siswa tunagrahita Kelas II di SLB Putra Mandiri Sidoarjo / Recca Hanun Masayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anak tunagrahita adalah anak yang mengalami hambatan dalam perkembangan kecerdasan atau daya pikir serta seluruh kepribadiannya sehingga tidak mencapai tahap perkembangan yang optimal tidak mampu hidup di dalam masyarakat dengan kekuatan sendiri meskipun dengan cara hidup yang sederhana. Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan kemampuan mengenal angka sebelum memanfaatkan media kartu bergambar (2) Mendeskripsikan kemampuan mengenal angka sesudah memanfaatkan media kartu bergambar (3) Mendeskripsikan pengaruh pemanfaatan media kartu bergambar terhadap kemampuan mengenal angka. Penelitian ini menggunakan metode SSR dengan desain A-B-A. Subjek penelitian ini adalah siswa tunagrahita kelas 2 SLB Putra Mandiri Sidoarjo. Instrumen penelitian ini menggunakan tes tulis dengan bobot 4 dan 0. Analisis data menggunakan analisis visual dalam bentuk grafik data antar kondisi dan dalam kondisi. Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh pemanfaatan media kartu bergambar terhadap kemampuan mengenal angka siswa tunagrahita. Hal tersebut dibuktikan dengan persentase overlap 0%. Selain itu juga diketahui bahwa kemampuan mengenal angka siswa tunagrahita memiliki nilai tertinggi saat kondisi Baseline-2 atau kondisi kontrol yaitu stabil 24 dan saat kondisi intervensi yaitu 22. Saran penelitian ini diperuntukkan (1) sekolah agar memberikan media kartu bergambar yang dilaksanakan setiap hari (2) guru diharapkan untuk terus mengasah kemampuan mengenal angka siswa tunagrahita dengan memanfaatkan media kartu bergambar (3) orang tua sebaiknya menerapkan media kartu bergambar di rumah (4) peneliti selanjutnya agar dapat mengembangkan penggunaan media kartu bergambar pada subjek dengan karakteristik yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Nov 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/275559

Actions (login required)

View Item View Item