Pembelajaran keterampilan vokasional menjahit untuk anak autis di SLB Autisme River Kids Malang / Catur Krismonika - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran keterampilan vokasional menjahit untuk anak autis di SLB Autisme River Kids Malang / Catur Krismonika

Krismonika , Catur (2022) Pembelajaran keterampilan vokasional menjahit untuk anak autis di SLB Autisme River Kids Malang / Catur Krismonika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Krismonika Catur. Pembelajaran Keterampilan Vokasional Menjahit Untuk Anak Autis di SLB Autisme River Kids Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. M. Shodiq AM M.Pd. (II) Sopingi S.Sos M.Pd Kata Kunci Autism Vokasional Menjahit Autism termasuk kedalam anak dengan berkebutuhan khusus (ABK) yang mengalami gangguan neurobiologis dengan adanya hambatan fungsi syaraf otak yang berhubungan dengan fungsi komunikasi motorik sosial dan pemusatan perhatian. Meskipun anak autism memiliki hambatan dalam komunikasi dan pemusatan perhatian mereka tetap memilki hak untuk mendapatkan layanan pendidikan sesuai dengan kemampuannya. Salah satu layanan pendidikan yang ada di SLB yaitu keterampilan vokasional. Keterampilan vokasional untuk anak berkebutuhan khusus bertujuan untuk mengembangkan kemampuan dalam melakukan suatu pekerjaan tertentu sesuai dengan minat dan potensi anak. Pembelajaran keterampilan vokasional menjahit sendiri salah satu keterampilan vokasional yang dirasa cukup rumit dan sulit apabila dibandingkan dengan pembelajaran vokasional yang lain karena keterampilan menjahit sendiri membutuhan koordinasi yang baik antara motorik halus dan kecermatan dan juga kemampuan membuat pola. Dari hal tersebut maka menarik untuk diteliti bagaimana pengajar/guru dapat menjelaskan dan mengajarkan kepada peserta didik autism terkait pembelajaran keterampilan vokasional menjahit dan metode pendekatan seperti apa yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran keterampilan vokasional menjahit. Fokus penelitian untuk mendeskripsikan pembelajaran keterampilan vokasional menjahit untuk anak autis terdiri dari (1) Latar belakang pembelajaran keterampilan vokasional menjahit (2) perencanaan pembelajaran keterampilan vokasional menjahit (3) pelaksanaan pembelajaran keterampilan vokasional menjahit (4) faktor penukung dalam pembelajaran keterampilan vokasional menjahit. Penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitiatif dengan jenis rancangan penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan observasi wawancara dan dokumentasi. Pada analisis data diawali dengan reduksi data setelah data dokumpulkan penyajian data dan yang terakhir dilakukan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran keterampilan vokasional menjahit dilakukan dengan tujuan untuk kemandirian peserta didik. perencanaan pembelajaran menggunakan kurikulum yang modifikasi kembali oleh SLB autism river kids pelaksanaan pembelajaran dilakuakn oleh pihak sekolah sendiri dengan melibatan pihak luar di beberapa hal saja dan tidak dalam proses pelaksaan pembelajaran dan faktor pendukung dalam pembelajaran keterampilan vokasional yaitu orang tua dan guru sebagai motivasi peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/275558

Actions (login required)

View Item View Item