Pengaruh penggunaan media flash card terhadap ketepatan menulis permulaan anak autis di slb autis laboratorium universitas negeri malang / Umi Khoirotin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan media flash card terhadap ketepatan menulis permulaan anak autis di slb autis laboratorium universitas negeri malang / Umi Khoirotin

Khoirotin, Umi Khoirotin (2022) Pengaruh penggunaan media flash card terhadap ketepatan menulis permulaan anak autis di slb autis laboratorium universitas negeri malang / Umi Khoirotin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khoirotin Umi. 2022. Pengaruh Penggunaan Media Flashcard Terhadap Ketepatan Menulis Permulaan Anak Autis di SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Abdul Huda M.Pd (II) Dimas Arif Dewantoro M.Pd. Kata kunci keterampilan menulis permulaan media flashcard anak autis Anak autis memiliki ketepatan menulis yang terbilang rendah. Hal ini didasari karena anak autis seringkali menolak ketika diberikan tugas menulis. Dalam pembelajaran siswa membutuhkan media yang menarik dan efektif sesuai dengan kebutuhan anak autis. Sehingga anak dapat mudah menyerap pengetahuan dari tugas yang diberikan oleh guru. Media flashcard dapat dipilih dalam proses pembelajaran ini dikarenakan media flashcard memiliki sifatnya yang konkret minimalis dan dapat digunakan berulang sehingga dapat memicu motivasi dan konsentrasi anak autis dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. flashcard. Dari permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ketepatan menulis permulaan anak autis sebelum diberikan intervensi menggunakan media flashcard. Tujuan kedua yakni mendeskripsikan ketepatan menulis sesudah diberikan intervensi menggunakan media flashcard dan tujuan yang terakhir yakni mendeskripsikan pengaruh penggunaan media flashcard terhadap ketepatan menulis permulaan anak autis. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan Single Subject Research (SSR). Dimana proses pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes ketepatan menulis permulaan anak autis kelas II SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang. Sedangkan pada analisis penelitian ini menggunakan analisis antar kondisi dan analisis dalam kondisi. Tujuan analisis ini adalah untuk mengetahui perubahan dalam kondisi maupun antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan skor setiap kondisi setelah mendapatkan intervensi dengan media flashcard. Hasil kondisi baseline 1 terdapat penurunan setiap sesi. Hasil setelah mendapatkan intervensi menunjukkan adanya penurunan pada sesi 2 namun pada sesi 3 mengalami peningkatan. Sedangkan pengaruh penggunaan media flashcard terhadap ketepatan menulis permulaan anak autis dapat dikatakan berpengaruh dikarenakan terdapat peningkatan nilai mean pada setiap kondisinya. Kesimpulan dari penelitian ini terdapat pengaruh media flashcard terhadap keterampilan menulis permulaan anak autis di SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang. Oleh sebab itu diperlukan bimbingan dan kesabaran guru dalam mengajarkan dan melatih anak autis dalam menulis permulaan dengan tepat dengan menggunakan media flashcard.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/275551

Actions (login required)

View Item View Item