Febrianto Agung Prasetiyawan (2009) Potensi kepribadian kewirausahaan yang dimiliki siswa SMK dan minat berwirausaha dalam mempengaruhi prestasi belajar mata diklat kewirausahaan (studi pada siswa kelas 1 SMK Ardjuna 1 Malang) / Febrianto Agung Prasetiyawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendidikan adalah alat untuk perkembangan ekonomi dan bukan sekedar pertumbuhan ekonomi. Pada praktik manajemen pendidikan modern salah satu dari lima fungsi pendidikan adalah fungsi teknis-ekonomis baik pada tataran individual hingga tataran global. Fungsi teknis-ekonomis merujuk pada kontribusi pendidikan untuk perkembangan ekonomi. Seiring dengan kemajuan IPTEK pada era global ini peran Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam kancah persaingan pasar global dalam rangka menyiapkan tenaga menengah terampil semakin menunjukkan trend yang kurang menggembirakan apabila ditinjau dari segi jumlah lulusan yang berkompeten . Oleh karena itu dalam mengantisipasi persaingan global tersebut perlu disiapkan lulusan peserta didik yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang berkualitas serta sikap teladan dalam rangka ikut berpartisipasi dalam persaingan dunia kerja dan dunia wirausaha agar dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Kewirausahaan adalah suatu proses penciptaan dan pembuatan sesuatu yang didukung dengan daya semangat sikap perilaku serta kemampuan dalam mengelola suatu usaha. Sikap perilaku dan karakteristik wirausahawan meliputi lima sikap utama yaitu kebebasan disiplin diri kreativitas menghadapi resiko dan kepercayaan diri. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran objektif tentang potensi kepribadian kewirausahaan dan minat berwirausaha yang dimiliki siswa kelas 1 SMK Ardjuna 1 Malang prestasi belajar Mata Diklat Kewirausahaan siswa kelas 1 SMK Ardjuna 1 Malang perbandingan minat berwirausaha pada siswa kelas 1 Program Keahlian Administrasi Perkantoran Akuntansi dan Penjualan SMK Ardjuna 1 Malang perbandingan prestasi belajar kewirausahaan pada siswa kelas 1 Program Keahlian Administrasi Perkantoran Akuntansi dan Penjualan SMK Ardjuna 1 Malang pengaruh potensi kepribadian kewirausahaan terhadap prestasi belajar kewirausahaan baik secara parsial maupun simultan pengaruh minat berwirausaha terhadap prestasi belajar kewirausahaan pengaruh potensi kepribadian kewirausahaan dan minat berwirausaha terhadap prestasi belajar kewirausahaan pada siswa kelas 1 SMK Ardjuna 1 Malang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode quesioner yang kemudian hasilnya dianalisis melalui analisis deskriptif analisis komparatif dengan teknik Anayisis of Varians (Anova) dan analisis regresi dengan menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 SMK Ardjuna 1 Malang.penelitian ini merupakan penelitian populasi karena sampel yang digunakan sama dengan jumlah populasi yaitu sebesar 99 responden. Berdasarkan pengelolaan data analisis deskriptif anova dan analisis regresi linear berganda dapat diketahui hasil yang menyatakan (1). Sebanyak 82 83% responden memiliki potensi kepribadian kewirausahaan yang tinggi sebanyak 53 54% responden memiliki minat berwirausaha yang tinggi 53 54% siswa memiliki prestasi belajar yang baik (2). terdapat perbedaan minat berwirausaha pada siswa program keahlian akuntansi administrasi perkantoran dan penjualan. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata minat berwirausaha dari siswa Akuntansi adalah 37 03 siswa Administrasi Perkantoran adalah 38 26 sedangkan siswa Penjualan adalah 43 71. (3). terdapat perbedaan prestasi belajar Mata Diklat Kewirausahaan pada program keahlian akuntansi administrasi perkantoran dan penjualan. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata prestasi belajar dari siswa Akuntansi adalah 73 03 siswa Administrasi Perkantoran adalah 67 67 sedangkan siswa Penjualan adalah 70 32. (4). terdapat pengaruh potensi kepribadian kewirausahaaan (kebebasan) yang dimiliki siswa terhadap prestasi belajar Mata Diklat Kewirausahaan dengan pengaruh sebesar 0 563 (56 3%) (5). terdapat pengaruh potensi kepribadian kewirausahaan (disiplin diri) yang dimiliki siswa terhadap prestasi belajar Mata Diklat Kewirausahaan dengan pengaruh sebesar 0 246 (24 6%) (6). terdapat pengaruh potensi kepribadian kewirausahaan (kreativitas) yang dimiliki siswa terhadap prestasi belajar Mata Diklat Kewirausahaan dengan pengaruh sebesar 0 271 (27 1%) (7). tidak terdapat pengaruh potensi kepribadian kewirausahaan (menghadapi resiko) yang dimiliki siswa terhadap prestasi belajar Mata Diklat Kewirausahaan (8) terdapat pengaruh potensi kepribadian kewirausahaan (kepercayaan diri) yang dimiliki siswa terhadap prestasi belajar Mata Diklat Kewirausahaan dengan pengaruh sebesar 0 195 (19 5%) (9) terdapat pengaruh potensi kepribadian kewirausahaan yang dimiliki siswa terhadap prestasi belajar Mata Diklat Kewirausahaan pada siswa kelas 1 SMK Ardjuna 1 Malang secara simultan dengan Fhitung (11 484) dari Ftabel (2 300) (10) terdapat pengaruh minat berwirausaha yang dimiliki siswa terhadap prestasi belajar Mata Diklat Kewirausahaan dengan pengaruh sebesar 0 250 (25%) (11) terdapat pengaruh potensi kepribadian kewirausahaan dan minat berwirausaha yang dimiliki siswa terhadap prestasi belajar Mata Diklat Kewirausahaan pada siswa kelas 1 SMK Ardjuna 1 Malang secara simultan dengan pengaruh sebesar 39 4%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa potensi kepribadian kewirausahaan minat berwirausaha dan prestasi belajar siswa kelas 1 SMK Ardjuna 1 Malang menunjukkan nilai yang tinggi dan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar mata diklat kewirausahaan pada siswa kelas 1 SMK Ardjuna 1 Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jan 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/27555 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |