Efektivitas media sticky signage terhadap peningkatan pengetahuan rambu lalu lintas siswa tunarungu kelas V SLB ABD Negeri Kedungkandang Malang / Khoiri Nuriati - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas media sticky signage terhadap peningkatan pengetahuan rambu lalu lintas siswa tunarungu kelas V SLB ABD Negeri Kedungkandang Malang / Khoiri Nuriati

Nuriati, Khoiri (2022) Efektivitas media sticky signage terhadap peningkatan pengetahuan rambu lalu lintas siswa tunarungu kelas V SLB ABD Negeri Kedungkandang Malang / Khoiri Nuriati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Nuriati Khoiri. 2021. Efektivitas Media Sticky Signage Terhadap Peningkatan Pengetahuan Rambu Lalu Lintas Siswa Tunarungu Kelas V Slb Abd Negeri Kedungkandang Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Mohammad Efendi M.Pd M.Kes. (2) Dimas Arif Dewantoro M.Pd. Kata kunci Sticky Signage Rambu Lalu Lintas Tunarungu Transportasi menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat untuk melakukan aktifitas sehari-hari namun angka kemacetan dan kecelakaan menjadi masalah di jalan raya. Salah satu faktor kemacetan dan kecelakaan adalah kurangnya pengetahuan rambu lalu lintas bagi para pengendara. Pengetahuan rambu lalu lintas tidak hanya untuk masayrakat normal namun juga anak berkebutuhan khusus salah satunya Tunarungu. Pada pembelajaran rambu lalu lintas siswa tunarungu mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran dikarenakan tidak adanya media pembelajaran yang mendukung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengetahuan rambu lalu lintas siswa tunarungu kelas V SLB ABD Negeri Kedungkandang Malang sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran Sticky Signage (2) Efektivitas penggunaan media pembejaran Sticky Signage dalam meningkatkan pemahaman rambu lalu lintas siswa kelas V tunarungu di SLB ABD Negeri Kedungkandang Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen (Experimental Research) dengan rancangan penelitian Pra Eksperimen dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes wawancara dan observasi. Subjek penelitian ini adalah 5 siswa kelas V tunarungu di SLB ABD Negeri kedungkandang dengan jumlah siswa laki-laki 2 dan siswa perempuan 3. Analisis data menggunakan uji ranking bertanda Wilcoxon. Hasil dari penelitian pretest dan posttest menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan siswa tentang rambu lalu lintas setelah menggunakan media pembelajaran Sticky Signage. Dari 5 siswa diperoleh nilai rata-rata 33 6 pada pretest dan nilai rata-rata 87 2 pada posttest. Berdasarkan perhitungan uji Wilcoxon diperoleh Whitung 0. Sedangkan dengan jumlah subjek 5 dan taraf signifikansi 5% maka diperoleh Wkritis 1 sehingga Whitung 0 Wkritis 1 diperoleh hasil H1 diterima dan H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengetahuan rambu lalu lintas siswa tunarungu sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil ini menunjukkan media pembelajaran sticky signage efektif digunakan untuk meningkatkan pengetahuan rambu lalu lintas siswa tunaungu. Dari hasil penelitian media pembelajaran sticky signage dapat digunakan oleh guru sebagai media pembelajaran rambu lalu lintas yang kreatif dan menarik untuk meningkatkan minat belajar dan memudahkan siswa mempelajari rambu lalu lintas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Nov 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/275523

Actions (login required)

View Item View Item