Analisis peningkatan prestasi belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif model STAD dan konvensional (studi pada siswa kelas 3 Akuntansi SMK Ardjuna 1 Malang) / Muhammad Sukrah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis peningkatan prestasi belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif model STAD dan konvensional (studi pada siswa kelas 3 Akuntansi SMK Ardjuna 1 Malang) / Muhammad Sukrah

Muhammad Sukrah (2009) Analisis peningkatan prestasi belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif model STAD dan konvensional (studi pada siswa kelas 3 Akuntansi SMK Ardjuna 1 Malang) / Muhammad Sukrah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peran SMK untuk menyiapkan sumber daya manusia yang handal. Sehingga perlu disiapkan lulusan peserta didik yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang berkualitas serta sikap teladan dalam rangka ikut berpartisipasi dalam persaingan dunia kerja maupun disiapkan untuk dapat menciptakan lapangan usaha baru. Oleh karena itu diperlukan model pemelajaran yang sesuai dengan karakter program normatif dan adaptif yang ada pada SMK sebagaimana tuntutan dunia usaha dan industri. Mata diklat kewirausahaan sebagai salah satu mata diklat yang termasuk program adaptif diperlukan proses belajar mengajar yang tidak hanya berlandaskan pada teori pembelajaran perilaku tetapi lebih menekankan pada penerapan prinsip-prinsip belajar dari teori kognitif. Salah satu bentuk pembelajaran yang berorientasi pada pendekatan konstruktivis adalah pembelajaran kooperatif tipe STAD. Melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat membantu siswa memahami konsep-konsep Kewirausahaan khususnya dalam mengevaluasi dan mengembangkan usaha yang dapat menumbuhkan kemampuan kerjasama berpikir kritis dan mengembangkan sikap sosial siswa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan prestasi belajar Mata Diklat Kewirausahaan pada siswa yang diajar dengan metode pembelajaran kooperatif model STAD mendeskripsikan prestasi belajar Mata Diklat Kewirausahaan pada siswa yang diajar dengan penerapan metode pembelajaran konvensional menganalisis perbedaan kemampuan kognitif dan afektif pada prestasi belajar Mata Diklat Kewirausahaan dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model STAD maupun metode pembelajaran konvensional dan menganalisis perbedaan peningkatan prestasi belajar siswa antara pembelajaran Mata Diklat Kewirausahaan dengan metode kooperatif model STAD dengan metode konvensional. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan melibatkan seluruh siswa kelas 3A dan 3B Akuntansi SMK Ardjuna 1 Malang sebagai responden Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kooperatif model STAD (X1) dan konvesional (X1) serta peningkatan prestasi belajar (Y) sebagai variabel terikatnya.. Sebelum diterapkan pembelajaran kooperatif model STAD kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai yang sedikit lebih rendah dari kelas kontrol namun setelah diterapkan pembelajaran kooperatif model STAD siswa kelas eksperimen mengalami peningkatan prestasi belajar. Metode pembelajaran kooperatif model STAD yang diterapkan pada kelas eksperimen mendapatkan respon yang positif dari pada siswa sehingga mampu meningkatkan rata-rata prestasi belajar siswa kelas eksperimen sebesar 54 11%. Sedangkan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional hanya mampu meningkatkan rata-rata prestasi belajar siswa kelas kontrol sebesar 14 34%. Terdapat perbedaan kemampuan antara hasil belajar kognitif dengan afektif pada prestasi belajar Mata Diklat Kewirausahaan dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model STAD. Hasil belajar kognitif lebih dominan daripada afektif karena metode ini masih jarang diterapkan di kelas 3 Akuntansi SMK Ardjuna 1 Malang. Tidak ada perbedaan antara kemampuan kognitif dengan afektif pada prestasi belajar Mata Diklat Kewirausahaan dengan menerapkan pembelajaran konvensional. Terdapat perbedaan peningkatan prestasi belajar siswa antara penerapan pembelajaran Mata Diklat Kewirausahaan dengan metode kooperatif model STAD dengan metode konvensional. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata peningkatan prestasi belajar kooperatif model STAD lebih tinggi jika dibandingkan dengan rata-rata peningkatan prestasi belajar pada pembelajaran konvensional. Selain itu Terdapat perbedaan prestasi hasil belajar (nilai post test) dan afektif siswa antara penerapan pembelajaran Mata Diklat Kewirausahaan dengan metode kooperatif model STAD dengan metode konvensional hal ini dikarenakan prestasi hasil belajar siswa (nilai posttest) dan kemampuan afektif menunjukkan bahwa siswa kelas eksperimen lebih baik jika dibandingkan dengan kelas kontrol. Saran yang dapat dikemukakan berkaitan dengan penelitian ini adalah mengenalkan dan melatihkan keterampilan proses dan kooperatif sebelum atau selama pembelajaran guru mata diklat Kewirausahaan meningkatkan wawasan tentang teori belajar dan model-model pembelajaran inovatif dan menerapkan pembelajaran kooperatif model STAD sebagai salah satu alternatif proses pembelajaran dengan memperhatikan alokasi waktu dan memberikan variasi lain guru membuat perencanaan mengajar dan menentukan semua konsep yang akan dikembangkan pemberian tugas kelompok secara periodik pelaksanaan pembelajaran kooperatif model STAD akan lebih baik divariasikan dengan model pembelajaran kooperatif model lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27550

Actions (login required)

View Item View Item