Penerapan metode pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan (studi pada SMK Muhammadiyah 3 Singosari) / Slamet H. Pradhana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan (studi pada SMK Muhammadiyah 3 Singosari) / Slamet H. Pradhana

Slamet H. Pradhana (2009) Penerapan metode pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan (studi pada SMK Muhammadiyah 3 Singosari) / Slamet H. Pradhana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran yang dilakukan selama ini di SMK Muhammadiyah 3 Singosari adalah (10 guru menyampaikan materi dengan ceramah (2) siswa mencatat hasil keterangan guru di papan tulis (3) siswa mengerjakan soal-soal yang ada di lembar kerja siswa (LKS) maka dari itu perlu diadakan perubahan dalam proses belajar mengajar. Perubahan tersebut adalah perubahan paradigma pendidikan dari teacher centered menjadi student centered perubahan paradigma tesebut menjadikan seorang siswa tidak hanya belajar terbatas pada teori yang diperoleh dengan kenyataan yang ada di sekitarnya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan mutu proses belajar mengajar adalah dengan pembelajaran kooperatif model STAD. Pembelajaran kooperatif model STAD adalah suatu metode pembelajaran dimana dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat secara langsung dalam proses belajar mengajar dan menggunakan semua potensi yang dimiliki untuk mengembangkan kemampuan siswa.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan Metode Pembelajaran kooperatif Model Student Teams Achievement Division (STAD) pada siswa kelas I program keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 3 Singosari dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada penerapan pembelajaran kooperatif model STAD (Student Teams Achievement Division) pada siswa kelas I Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas I ADP di SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Data Penelitian dikumpulkan melalui (1) tes (2) wawancara (3) pengamatan (4) catatan lapangan. pelaksanaan pembelajaran kooperatif model STAD pada mata diklat kewirausahaan terdiri dari beberapa tahapan yaitu tahap presentasi kelas tahap studi kelompok tahap pengetesan dan tahap penghargaan kelompok. Teknik analisis data dilakukan selama dan setelah pengumpulan data dengan menggunakan alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu mereduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan dan pemeriksaan sejawat. Pada pelaksanaa kegiatan pembelajaran dengan metode pembelajaran kooperatif model STAD peneliti didampingi oleh dua orang pengamat yang bertugas menilai aktivitas guru dan aktivitas siswa selama proses belajar mengajar. Dalam penilaian aktivitas guru dan aktivitas siswa pengamat diberikan lembar observasi yang harus diisi saat proses belajar mengajar berlangsung. Lembar observasi disusun agar tidak terjadi salah persepsi antara peneliti dengan pengamat. Dari hasil lembar observasi dapat diketahui bahwa aktivitas siswa secara umum telah terlaksana dengan baik dimana pada tahap presentasi kelas siswa sudah memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru pada tahap studi kelompok siswa sudah dapat bekerja sama dengan kelompoknya pada tahap pengetesan siswa sudah menunjukkan peningkatan hasil belajar pada tiap siklusnya pada tahap penghargaan siswa sudah termotivasi untuk menjadi kelompok terbaik pada tiap siklusnya. Dari hasil belajar menunjukkan adanya peningkatan prolehan hasil belajar siswa. Pada siklus I rata-rata kelas pada tes evaluasi adalah 66.5 sedangkan pada siklus II rata-rata kelas meningkat menjadi 74.42. Dari segi ketuntasan belajar pada siklus I terdapat sebanyak 29 siswa yang tuntas belajarnya dan 11 siswa belum mencapai nilai minimum yang ditentukan untuk memperoleh ketuntasan belajar sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu sebanyak 34 siswa yang tuntas belajarnya dan sebanyak 6 siswa belum mencapai nilai minimum yang ditentukan untuk memperoleh ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil penelitian saran yang diajukan adalah (1) Guru mata diklat kewirausahaan di SMK Muhammadiyah 3 Singosari disarankan untuk menerapkan pembelajaran kooperatif model STAD sebagai salah satu alternatif dalam proses belajar mengajar hal ini dikarenakan pada pembelajaran model ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa (2) Pada tahap penghargaan hendaknya guru tidak hanya memberikan penghargaan kepada kelompok dengan rata-rata tertinggi tetapi juga memberikan penghargaan kepada siswa dengan skor tertinggi (3)Bagi guru yang inngin menerapkan pembelajaran kooperatif model STAD diharapkan memperhatikan alokasi waktu agar nantinya pembelajaran ini dapat berjalan secara efektiv dan efisien.(4) Bagi peneliti yang juga tertarik untuk menerapkan pembelajaran kooperatif model STAD hendaknya menerapkannya pada mata diklat yang lain. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui apakan pembelajaran kooperatif model STAD juga bisa berhasil pada mata diklat yang lain

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27549

Actions (login required)

View Item View Item