Pengaruh pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa (studi kasus pada siswa SMK PGRI 2 Malang) / Yuanita Rosida - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa (studi kasus pada siswa SMK PGRI 2 Malang) / Yuanita Rosida

Yuanita Rosida (2009) Pengaruh pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa (studi kasus pada siswa SMK PGRI 2 Malang) / Yuanita Rosida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan dalam lingkup nasional diatur dalam UUD 1945 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa serta dalam TAP MPR No. IV/MPR/1999 tentang GBHN. Keunggulan suatu bangsa tidak lagi hanya bertumpu pada kekayaan alam melainkan pada keunggulan sumber daya manusia (SDM) yaitu tenaga terdidik yang mampu menjawab tantangan-tantangan yang sangat cepat. Fungsi sekolah sebagai tempat belajar yang memiliki kewajiban untuk menyelenggarakan pengalaman pembelajaran yang bermutu bagi peserta didiknya. Upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di lingkungan pendidikan formal/ sekolah di antaranya dengan menyelenggarakan seperangkat sarana dan prasarana yang mampu mendorong upaya peningkatan efektivitas fungsi-fungsi pengelolaannya secara terus-menerus sehingga mampu berkembang secara maksimal. Fasilitas belajar yang sangat penting adalah perpustakaan dengan koleksi yang lengkap dan memadai laboratorium yang memenuhi syarat bengkel kerja komputer dan kondisi fisik lainnya. Perpustakaan sekolah memiliki arti yang cukup penting bagi siswa-siswi SMK karena kelangkaan buku materi. Dengan membiasakan diri untuk berkunjung di perpustakaan siswa akan menjadi gemar membaca yang dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan. Untuk itulah penelitian mengambil judul PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK PGRI 2 MALANG dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK PGRI 2 Malang yang keseluruhan muridnya berjumlah 637 orang siswa. Adapun penelitian ini menggunakan teknik proporsional random sampling sehingga terpilih 102 orang siswa sebagai sampel penelitian.yang seluruhnya diambil dari kelas 2. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Angket untuk mengetahui sejauh mana pemanfaatan perpustakaan oleh siswa dan dokumentasi untuk mengetahui prestasi belajar siswa yang diperoleh dari nilai rapor atau leger. Data yang telah dikumpulkan kemudian diolah dengan menggunakan SPSS 12.00 for windows. Berdasarkan analisis statistik deskriptif diperoleh nilai R 0 287 menunjukkan bahwa keeratan hubungan antara pemanfaatan perpustakaan dengan prestasi belajar adalah rendah karena angka ini berada di bawah 0 5. R square 0 082 menunjukkan pengaruh antara pemanfaatan perpustakaan dengan prestasi belajar atau berarti 8 2% perubahan variabel y (prestasi belajar) disebabkan oleh perubahan variabel x (pemanfaatan perpustakaan). Sedangkan sisanya 91 8% perubahan variabel y (prestasi belajar) disebabkan oleh factor lain di luar pemanfaatan perpustakaan. Sehingga diperoleh persamaan regresi Y 92 875 0 599 x Berdasarkan hasil analisis regresi sederhana diketahui signifikansi t sebesar 0 000 dengan taraf kepercayaan 95% (taraf signifikansi 0 050) dan thitung 2 993 dengan ttabel 1 990. Hasil tersebut jika diuji maka diperoleh signifikansi t (0 000) dari alpha pada taraf kepercayaan 95% dan thitung (2 993) ttabel (1 990). Sehingga Hi yang berbunyi terdapat antara pengaruh pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar diterima. Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa siswa SMK PGRI 2 Malang mayoritas telah sangat aktif dalam memanfaatkan perpustakaan sekolah. Prestasi belajar mayoritas berada pada tingkat atau klasifikasi baik. Dari uraian di atas maka dapat diketahui bahwa keberadaan perpustakaan memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Dari hasil penelitian ini diharapkan pihak sekolah mampu memperbaiki fasilitas perpustakaan yang ada semaksimal mungkin sehingga akan tercipta suatu perpustakaan sekolah yang memiliki kualitas dan kuantitas yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27548

Actions (login required)

View Item View Item