Noviani Rachmawati Wibowo (2009) Penerapan pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar mata diklat ekonomi kelas I SMK BM Ardjuna 2 Malang / Noviani Rachmawati Wibowo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Guru sangat memiliki peranan yang besar dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan seorang guru adalah memilih pendekatan pembelajaran yang dapat menghidupkan suasana kelas menjadi efektif dan produktif. Pendekatan dalam proses pembelajaran akan mempengaruhi keberhasilan siswa dalam menguasai suatu kompetensi sesuai dengan tuntutan kurikulum 2004 guru harus mengubah paradigma pembelajaran dari orientasi terhadap terselesainya materi ke paradigma pembelajaran sebagai proses yang mengedepankan keaktifan siswa selama proses pembelajaran. Upaya meningkatkan hasil belajar mata diklat Ekonomi perlu diciptakan suatu kondisi pembelajaran yang memungkinkan siswa berpartisipasi secara aktif sehingga dapat memahami materi secara bermakna. Cara yang dianggap tepat adalah melalui pembelajaran kooperatif dengan metode STAD. Sebab model STAD memiliki keuntungan yaitu dapat lebih memotivasi siswa dalam belajar berkelompok agar mereka saling mendorong dan membantu satu sama lain dalam menguasai materi yang disajikan. Hasil belajar Ekonomi yang relatif masih rendah ditunjukkan dengan persentase ketuntasan belajar klasikal kurang dari 85%. Adanya kecenderungan pola pembelajaran siswa yang kurang kreatif dan belum terlibat secara maksimal maka peneliti ingin menerapkan pembelajaran kooperatif model STAD untuk meningkatkan hasil belajar Ekonomi siswa. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan mendeskripsikan proses dan hasil penerapan pembelajaran kooperatif model STAD dalam meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas I APK SMK-BM Ardjuna 2 Malang. Penelitian menggunakan 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas 1 APK SMK-BM Ardjuna 2 Malang. Data berupa respon siswa yang dikumpulkan dengan metode angket hasil belajar siswa yang dikumpulkan dengan metode tes (kuis) dan aktivitas siswa dan ketepatan guru dalam menerapkan pembelajaran dikumpulkan dengan teknik observasi catatan lapangan dan wawancara. Data hasil belajar dari segi kognitif menunjukkan peningkatan perolehan skor rata-rata pada siklus 1 jumlah siswa yang tuntas belajar pada siklus 1 sebanyak 16 siswa (55 17%) dan jumlah siswa yang belum tuntas belajar sebanyak 11 siswa (37 93%). Sedangkan pada siklus 2 jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 25 siswa (86 20%) dan jumlah siswa yang belum tuntas belajar sebanyak 4 siswa (13 79%) jadi hasil belajar dari segi kognitif pada siklus 1 dan 2 mengalami kenaikan 31 03%. Hasil belajar dari segi afektif menunjukkan pada siklus 1 sebanyak 27 siswa (93 10%) dan mencapai ketuntasan belajar dan jumlah siswa yang belum tuntas belajar sebanyak 2 siswa (6 90%). Sedangkan pada siklus 2 jumlah siswa dikategorikan tuntas belajar sebanyak 28 siswa (96 55%) dan jumlah siswa yang belum tuntas belajar sebanyak 1 siswa (3 40%). Jadi dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan persentase hasil belajar segi afektif sebesar 3 45%. Data hasil observasi ketepatan guru juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus 1 dengan kategori A- dan pada siklus 2 dengan kategori A. Untuk data aktivitas siswa dan respon siswa terhadap pembelajaran juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus 1 dengan kategori A- dan pada siklus 2 dengan kategori A. Data pendukungnya adalah hasil wawancara dengan siswa menunjukkan bahwa siswa menanggapi dengan senang hati pembelajaran kooperatif model STAD. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) penerapan pembelajaran kooperatif model STAD untuk meningkatkan hasil belajar Ekonomi siswa dapat digunakan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran Ekonomi 2) pembelajaran kooperatif model STAD dapat diterapkan dalam upaya meningkatkan keterlibatan dan aktivitas siswa dalam belajar. Saran yang dapat diberikan peneliti adalah 1) Guru mata diklat Ekonomi di SMK-BM Ardjuna 2 Malang disarankan untuk mencoba menerapkan pembelajaran kooperatif model STAD karena siswa memberikan respon yang positif terhadap pembelajaran kooperatif model STAD 2)Dalam menerapkan pembelajaran kooperatif model STAD guru perlu mengatur waktu mempersiapkan rencana kegiatan dan media yang tepat sehingga pembelajaran yang dilakukan dapat berlangsung secara optimal dan efisien sehingga tuntutan kurikulum dapat tercapai 3) Siswa diharapkan mempersiapkan segala sesuatunya sebelum pelaksanaan kegiatan belajar di kelas sehingga akan memudahkan guru dalam memulai pelajaran hal ini juga dapat menghemat waktu.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Jan 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/27547 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |