Implementasi metode pembelajaran kooperatif model group investigation untuk meningkatkan hasil belajar mata dillat ekonomi (studi pada siswa kelas 1 Program Keahlian Penjualan SMK Ardjuna 1 Malang) / Nurita Hardini Meita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi metode pembelajaran kooperatif model group investigation untuk meningkatkan hasil belajar mata dillat ekonomi (studi pada siswa kelas 1 Program Keahlian Penjualan SMK Ardjuna 1 Malang) / Nurita Hardini Meita Sari

Nurita Hardini Meita Sari (2009) Implementasi metode pembelajaran kooperatif model group investigation untuk meningkatkan hasil belajar mata dillat ekonomi (studi pada siswa kelas 1 Program Keahlian Penjualan SMK Ardjuna 1 Malang) / Nurita Hardini Meita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan memiliki peranan dalam menyiapkan siswa menjadi subyek yang makin berperan menampilkan keunggulan dirinya yang tangguh kreatif mandiri dan professional pada bidang masing-masing. Maka upaya peningkatan kualitas pendidikan dapat tercapai secara optimal dengan pengembangan dan perbaikan terhadap komponen pendidikan perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional. Salah satunya pada peranan guru yang besar dalam upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik di sekolah upaya yang dapat dilakukan seorang guru adalah memilih model pembelajaran yang dapat menghidupkan suasana kelas menjadi lebih efektif dan produktif. Pendekatan dalam proses pembelajaran akan mempengaruhi keberhasilan siswa dalam menguasai suatu kompetensi maka guru harus dapat mengubah paradigma pembelajaran dari orientasi terhadap terselesaikannya materi ke paradigma pembelajaran sebagai proses yang mengedepankan keaktifan siswa selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Guru diharapkan dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan banyak melibatkan siswa dalam berbagai kegiatan dan aktivitas belajar. Meningkatkan hasil belajar mata diklat Ekonomi perlu diciptakan suatu kondisi pembelajaran yang memungkinkan siswa berpartisipasi secara aktif sehingga dapat memahami materi secara bermakna cara yang tepat adalah melalui metode pembelajaran kooperatif model Group Investigation pada mata diklat Ekonomi yang dalam penerapannya di dalam kelas akan tercipta suasana belajar siswa aktif yang saling komunikasi saling mendengar saling berbagi saling memberi dan menerima yang mana keadaan tersebut selain dapat meningkatkan pemahaman terhadap materi juga meningkatkan interaksi sosial siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata diklat Ekonomi. Penelitian ini bertujuan 1) mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran kooperatif model group investigation untuk meningkatkan hasil belajar mata diklat Ekonomi 2) mendeskripsikan respon siswa dalam pembelajaran kooperatif model group investigation untuk meningkatkan hasil belajar mata diklat Ekonomi 3) mengetahui hasil belajar mata diklat Ekonomi setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif model group investigation 4) mengetahui hambatan-hambatan yang muncul selama diterapkannya pembelajaran kooperatif model group investigation. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas I program keahlian Penjualan (PJ) di SMK Ardjuna 01 Malang. Data penelitian dikumpulkan melalui 1) observasi 2) wawancara 3) tes 4) catatan lapangan 5) angket. Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus mencakup 4 tahap kegiatan yaitu 1) perencanaan 2) pelaksanaan tindakan 3) pengamatan dan 4) refleksi dalam pelaksanaan tindakan melalui 3 tahap yaitu 1) tahap awal menjelaskan kompetensi dasar dan indikator hasil belajar memotivasi siswa membentuk kelompok belajar mengembangkan pengetahuan awal dan menjelaskan aturan main pembelajaran kooperatif model group investigation termasuk pemilihan materi tugas dan pembagian tugas tiap kelompok 2) tahap inti diskusi kelompok dengan cara menginvestigasi materi tugas dan presentasi 3) tahap akhir membuat kesimpulan bersama-sama dan pemantapan. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon siswa dalam pembelajaran kooperatif model group investigation pada mata diklat Ekonomi sangat positif hasil belajar mata diklat Ekonomi setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif model group investigation mengalami peningkatan. Terdapat hambatan yang ditemui peneliti dalam pelaksanaan pembelajaran hambatan tersulit adalah rasa percaya diri yang rendah siswa dalam mengemukakan pendapatnya secara lisan diatasi peneliti dengan memberi dorongan atau motivasi kepada siswa supaya berani mengemukakan pendapatnya. Data hasil belajar menunjukkan adanya peningkatan dimana pada pre test hasil belajar siswa diperoleh rata-rata 49 83 sedangkan pada post test siklus 1 diperoleh rata-rata 62 72 (mengalami peningkatan 25 87%) pada post test siklus 2 terdapat kenaikan nilai rata-rata yaitu 79 78 peningkatan 27 20%. Sedangkan penilaian pada pengamatan sikap siswa dalam keterampilan proses kelompok (group process skills) pada siklus 1 mendapatkan rata-rata 67 3 dan pada siklus 2 endapatkan rata-rata 80 27 atau mengalami peningkatan sebesar 19 27%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation dapat digunakan sebagai salah satu pendekatan yang dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar mata diklat Ekonomi. Beberapa saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu 1) bagi guru dianjurkan menggunakan pembelajaran kooperatif model group investigation sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa 2) pengelolaan pembelajaran di kelas guru harus lebih intensif dalam memberi arahan dan motivasi kepada seluruh siswa terutama yang memiliki kemampuan yang lebih rendah dibandingkan dengan yang lain 3) guru mengupayakan menggunakan media pembelajaran yang bervariasi sehingga membuat siswa tertarik dan bersemangat mengikuti kegiatan belajar mengajar 4) siswa diharapkan mempersiapkan terlebih dahulu segala sesuatunya sebelum kegiatan belajar di kelas sehingga akan memudahkan guru dalam memulai pelajaran 5) bagi peneliti berikutnya disarankan untuk melakukan penelitian tentang pembelajaran kooperatif model group investigation pada pengajaran mata diklat lainnya di tempat yang berbeda untuk mengembangkan dan menerapkan pembelajaran kooperatif model group investigation dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27546

Actions (login required)

View Item View Item