Rini Indriawati (2009) Efektifitas metode pembelajaran kooperatif teknik STAD (Student Teams Achiecements Divisions) pendekatan problem posing untuk meningkatkan prestasi belajar ekonomi (studi pada siswa kelas I Bisnis dan Manajemen SMK Ardjuna 02 Maang mata diklat kewirausaha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pada pembelajaran di sekolah guru memiliki peranan yang cukup besar dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa. Dengan adanya karakteristik dan kemampuan siswa yang berbeda-beda pula guru dituntut untuk bisa memilih dan menentukan suatu metode pembelajaran yang tepat yang dapat menghidupkan suasana kelas menjadi lebih efektif dan produktif dimana siswa dapat ikut berpartisispasi langsung dalam proses belajar mengajar sehingga mereka mampu menciptakan suatu ide dan gagasan yang berarti dalam mata diklat Kewirausahaan. Ada banyak pembelajaran yang dapat dipilih salah satunya adalah pembelajaran kooperatif teknik STAD dengan pendekatan problem posing. Pendekatan dalam proses pembelajaran akan mempengaruhi keberhasilan siswa dalam menguasai suatu kompetensi sesuai dengan tuntutan kurikulum 2004. siswa dalam pembelajaran kooperatif teknik STAD dengan pendekatan problem posing ini belajar dalam bentuk kelompok yang heterogen yaitu pembagian kelompok tidak didasarkan pada prestasi jenis kelamin tetapi lebih merata dan acak dimana didalamnya terdapat ketergantungan positif untuk menyusun atau merumuskan soal sesuai dengan situasi atau tema yang ditetapkan oleh guru setelah itu siswa diminta untuk menukarkan soal dan menyelesaikan soal bentukan siswa lain. Sehingga siswa dapat berinteraksi tatap muka dan mempunyai ketrampilan untuk menjalin hubungan antar pribadi dan dapat belajar secara aktif kreatif serta inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan metode pembelajaran kooperatif teknik STAD pendekatan Problem Posing di SMK Ardjuna 2 Malang (2) prestasi belajar siswa kelas I Bisnis dan Manajemen SMK Ardjuna 02 Malang yang diajar dengan metode konvensional pada mata diklat Kewirausahaan (3) prestasi belajar siswa kelas I Bisnis dan Manajemen SMK Ardjuna 02 Malang yang diajar dengan metode problem posing pada mata diklat Kewirausahaan (4) perbedaan keefektifan antara metode problem posing dan metode konvensional terhadap prestasi belajar siswa kelas I Bisnis dan Manajemen SMK Ardjuna 02 Malang pada mata diklat Kewirausahaan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) yang akan membandingkan eksperimen metode pembelajaran satu dengan metode pembelajaran lain. Kelas yang dipakai untuk membandingkan kedua metode adalah kelas eksperimen dan kelas kontrol. Di dalam penelitian ini pengambilan data dilakukan dalam dua tahap yaitu sebelum eksperimen (pre-test) dan sesudah eksperimen (post-test) yang disebut dengan pre-test and post-test group design. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I Bisnis dan Manajemen SMK Ardjuna 2 Malang tahun ajaran 2006/2007 yaitu Kelas I Akuntansi sejumlah 32 siswa dan Kelas I Administrasi Perkantoran sejumlah 32 siswa. Dari subyek penelitian di atas diambil 1 kelas yaitu kelas 1 AK (Akuntansi) yang bejumlah 32 siswa dan dibagi menjadi 2 kelompok masing-masing 16 siswa untuk kelas kontrol yaitu nomor absen 1 sampai 16 mendapat pengajaran metode konvensional dan kelas eksperimen nomor absen 17 samapai dengan 32 yaitu mendapatkan pengajaran dengan pendekatan problem posing. Masing-masing kelompok diberi pengajaran untuk bab yang sama yaitu merumuskan solusi masalah tetapi dengan metode pembelajaran yang berbeda. Hasil pengujian hipotesis pada kelompok kontrol dan eksperimen terdapat perbedaan atau pengaruh pada nilai post testnya yaitu pada hasil post test kelompok kontrol memiliki nilai rata-rata 65 3125 dan kelompok eksperimen nilai post testnya memiliki nilai rata-rata 76 875 yaitu dengan selisih 11 5625 sedangkan dilihat dari perolehan nilai probabilitasnya maka diketahui pada nilai post test memiliki probabilitas sebesar 0 026 0 05 yaitu berbeda secara signifikan sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa nilai post test kelompok eksperimen lebih tinggi daripada nilai post test kelompok kontrol. Selain itu dilihat dari hasil penghitungan uji-t kelompok eksperimen diperoleh nilai probabilitasnya sebesar 0 000 0 05 artinya ada perbedaan secara signifikan antara perolehan nilai pre test dan post test siswa untuk kelompok kontrol diperoleh nilai probabilitas sebesar 0 215 0 05 artinya tidak ada perbedaan secara signifikan antara perolehan nilai pre test dan post test siswa. Selain itu dilihat dari uji Mann Whitney gain skor kelompok kontrol dan kelompok eksperimen hasil selisih rata-rata prestasi siswa adalah pada kelompok kontrol sebesar 7 1875 dan kelompok eksperimen sebesar 29 6875 artinya kelompok eksperimen mempunyai nilai selisih trata-rata yang lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Dari hasil zhitung sebesar [-4 439] ztabel sebesar 1 96 dan dari hasil probabilitas yaitu sebesar 0 000 0 05 artinya terdapat perbedaan gain skor yang cukup signifikan antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dimana rata-rata gain skor kelompok eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata gain skor kelompok kontrol. Sehingga dapat diketahui bahwa dari hasil perolehan penghitungan uji t dan uji Mann-Whitney gain skor bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya terdapat perbedaan efektifitas secara signifikan pembelajaran kooperatif teknik STAD Pendekatan Problem Posing untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas I Bisnis dan Manajemen SMK Ardjuna 2 Malang pada mata diklat Kewirausahaan. Beberapa saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu (1) bagi guru sebagai alternatif pilihan pembelajaran yaitu dengan pendekatan problem posing dalam upaya membelajarkan siswa dan meningkatkan prestasi belajar siswa yang dapat dikembangkan sesuai dengan karakteristik siswa dan kelas (2) bagi DEPDIKNAS pembelajaran dengan pendekatan problem posing perlu untuk disosialisasikan kepada masyarakat luas dalam kebijakan pendidikan (3) dalam pelaksanaan pembelajaran/proses belajar mengajar sangat dibutuhkan berbagai informasi untuk memperluas pengetahuan yang dimiliki oleh siswa maka diharapkan guru sekolah dapat memperhatikan jumlah buku pegangan yang dimiliki oleh siswa agar mereka dapat mengembangkan pikiran dan berpikir lebih aktif (4) bagi siswa diharapkan mempersiapkan terlebih dahulu segala sesuatunya sebelum pelaksanaan kegiatan belajar di kelas sehingga akan memudahkan guru dalam memulai pelajaran hal ini juga dapat menghemat waktu (5) bagi peneliti berikutnya disarankan untuk melakukan penelitian tentang pembelajaran dengan pendekatan problem posing pada pengajaran mata diklat yang sama atau mata diklat lainnya di tempat yang berbeda untuk mengembangkan dan menerapkan pembelajaran dengan pendektan problem posing dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jan 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/27545 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |