Sri Amin Wahyuningsih (2009) Implementasi pembelajaran kooperatif model think-pair-share (TPS) pada mata diklat kewirausahaan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Program Keahlian Penjualan di SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Sri Amin Wahyuningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kesulitan siswa dalam memahami materi pelajaran disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah bentuk pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih bersifat konvensional dengan metode yang banyak digunakan adalah ceramah atau berpusat pada guru (teacher centered). Guru lebih banyak mendominasi kegiatan belajar mengajar sedangkan siswa lebih cenderung hanya mendengar mencatat dan mengerjakan soal. Hal semacam ini akan mengindikasikan siswa malas berpikir karena tidak terbiasa untuk aktif berpikir dalam belajar dan mereka terbiasa bergantung pada materi yang diberikan oleh guru. Untuk pembelajaran seperti ini kurang memberi kesempatan kepada siswa untuk mengkontruksi sendiri pengetahuannya akibatnya siswa hanya bekerja secara prosedural. Berdasarkan studi pendahuluan diperoleh keterangan bahwa pembelajaran kooperatif model Think-Pair-Share (TPS) siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran baik secara fisik maupun mental artinya siswa belajar untuk mengkontruksi pengetahuan mereka sendiri dan guru hanya berperan sebagai fasilitator serta siswa dapat melatih kerjasama dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru dengan siswa yang lainnya. Pembelajaran kooperatif model Think-Pair-Share (TPS) adalah suatu model pembelajaran yang mengharuskan siswa untuk terlibat dalam berpikir aktif berdiskusi dengan teman atau pasangannya dan menyampaikan hasilnya di depan kelas. Langkah-langkah yang harus dilakukan di dalam pembelajaran kooperatif ini adalah berpikir (Thinking) berpasangan (Pairing) dan berbagi (Sharing). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif model Think-Pair-Share (TPS) pada mata diklat kewirausahaan sub kompetensi membuat keputusan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan pembelajaran kooperatif model Think-Pair-Share (TPS). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tindakan dalam penelitian ini dilakukan dalam dua siklus setiap siklus melalui empat tahapan yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Penjualan di SMK Muhammadiyah 3 Singosari Malang yang berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tulis yang dilaksanakan pada akhir setiap siklus lembar observasi rubrik aspek afektif dan psikomotorik pedoman wawancara catatan lapangan dan dokumentasi. Dari hasil analisis data hasil belajar siswa dari aspek kognitif pada siklus I dapat diketahui bahwa jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 12 siswa (66 67%) dan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas belajar meningkat menjadi 17 siswa (94 44%) hasil belajar siswa dari aspek afektif siklus I menunjukkan 13 siswa (72 22%) telah mampu mampu memenuhi kriteria ketuntasan minimum sebesar 6.00 dan pada siklus II meningkat menjadi 16 siswa (88 89%) sedangkan hasil belajar siswa dari aspek psikomotorik menunjukkan bahwa jumlah siswa yang telah mampu mampu memenuhi kriteria ketuntasan minimum sebesar 6.00 pada siklus I sebanyak 14 siswa (77 78%) dan pada siklus II meningkat menjadi 17 siswa (94 44%). Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat diajukan adalah (1) pembelajaran kooperatif model Think-Pair-Share (TPS) dapat dijadikan alternatif pilihan dalam praktik pembelajaran di kelas untuk meningkatkan hasil belajar siswa (2) guru mata diklat kewirausahaan mampu untuk lebih dapat meningkatkan aspek psikomotorik siswa salah satunya dengan membiasakan siswa untuk presentasi dan diskusi di depan kelas (3) guru yang ingin menerapkan pembelajaran kooperatif model Think-Pair-Share (TPS) hendaknya memperhatikan alokasi waktu aktivitas siswa dan tahapan-tahapan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jan 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/27544 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |