Pengaruh metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw pada mata diklat kewirausahaan terhadap prestasi belajar siswa kelas XII di SMK Ardjuna 1 Malang / oleh Andrian Setyo Sudjayanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw pada mata diklat kewirausahaan terhadap prestasi belajar siswa kelas XII di SMK Ardjuna 1 Malang / oleh Andrian Setyo Sudjayanto

Andrian Setyo Sudjayanto (2009) Pengaruh metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw pada mata diklat kewirausahaan terhadap prestasi belajar siswa kelas XII di SMK Ardjuna 1 Malang / oleh Andrian Setyo Sudjayanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sumber daya manusia sangat menentukan perkembangan kualitas manusia yang dilakukan melalui pengembangan pendidikan. Dengan pendidikan dapat membentuk manusia Indonesia seutuhnya sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945. Peningkatan pendidikan dilakukan melalui peningkatan kualitas pengajar bahan ajar lingkungan dan sarana serta prasarana sekolah. Salah satu cara yang digunakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan menerapkan metode pembelajaran yang relevan. Dimana diharapkan bahwa dengan variasi metode pembelajaran dapat menciptakan kondisi belajar yang kondusif baik untuk guru siswa dan sekolah. Berdasar pada rumusan masalah yang ada maka dapat dikemukakan tujuan penelitian ini yaitu Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw pada mata diklat kewirausahaan terhadap prestasi belajar siswa kelas XII di SMK Ardjuna I Malang Dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan pre test dan post test. Pre test diadakan sebelum penelitian dilakukan dan post test dilakukan setelah adanya penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2006. Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pada hasil penelitian peneliti menggunakan uji beda rata-rata dengan analisis uji t dengan ketentuan taraf signifikansi lebih kecil dari 0 05 Dari hasil pengolahan data atau analisis data dapat diketahui bahwa Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenai penerapan metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw pada siswa kelas XII B AK SMK Ardjuna I Malang diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan yang signifikan terhadap prestasi belajar Kewirausahaan. Hal tersebut terbukti dari hasil perhitungan uji t diketahui bahwa hipotesis alternatif diterima yaitu prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw lebih baik dibandingkan dengan prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan metode konvensional karena hasil pengujian hipotesa menunjukkan signifikansi 61537 yaitu 0 001 0 05. adapun Kelemahan-kelemahan dari indikator yang digunakan untuk mengukur variabel penelitian dianggap belum sepenuhnya representatif karena peneliti dalam mengukur prestasi belajar siswa hanya berasal dari tes prestasi belajar sedangkan indikator-indikator lain yang mempengaruhi prestasi belajar siswa seperti kesiapan belajar siswa kondisi fisik siswa keadaan lingkungan sekitar siswa tidak dikontrol dan tidak digunakan untuk mengukur variabel penelitian. Dari hasil penelitian ini penulis dapat memberikan saran Kepada siswa-siswi di SMK Ardjuna I Malang untuk lebih meningkatkan kualitas prestasi hasil belajar dengan belajar sebaik-baiknya dan menggunakan semua metode yang diterapkan oleh guru sehingga siswa-siswi dapat dikondisikan dengan hal baru. Kepada guru mata diklat Kewirausahaan supaya lebih meningkatkan metode-metode mengajar yang bervariasi sehingga siswa-siswi akan berkembang tidak vakum pada satu metode pembelajaran yang nantinya diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa-siswi yang bersangkutan. Jigsaw dapat dijadikan alternatif pilihan bagi guru bidang studi Kewirausahaan dalam kegiatan belajar mengajar untuk lebih memotivasi dan meningkatkan prestasi belajar siswa. Kepada peneliti selanjutnya sebaiknya jika ingin meneliti ulang maka menggunakan populasi dan sampel penelitian yang lebih luas serta berbeda untuk mengetahui apakah terdapat hasil yang sama jika dalam proses belajar mengajar menerapkan metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw yang dilakukan di SMA atau SMK lainnya. yang digunakan dalam penelitian ini hanya materi mengelola Sumber Daya Manusia dan Menempatkan Sumber Daya Manusia dalam suatu Organisasi maka disarankan penelitian selanjutnya dapat dikembangkan untuk materi pembelajaran yang lebih luas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27539

Actions (login required)

View Item View Item