Pengaruh faktor internal dan eksternal dalam pemilihan program keahlian terhadap motivasi belajar pada siswa kelas 2 SMK PGRI 02 Malang tahun ajaran 2006/2007 / oleh Yartadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh faktor internal dan eksternal dalam pemilihan program keahlian terhadap motivasi belajar pada siswa kelas 2 SMK PGRI 02 Malang tahun ajaran 2006/2007 / oleh Yartadi

Yartadi (2009) Pengaruh faktor internal dan eksternal dalam pemilihan program keahlian terhadap motivasi belajar pada siswa kelas 2 SMK PGRI 02 Malang tahun ajaran 2006/2007 / oleh Yartadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan salah satu lembaga pendidikan yang dapat menghasilkan tenaga-tenaga ahli yang siap pakai sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing untuk memenuhi kebutuhan dari suatu perusahaan yang mana dewasa ini jenis bidang usaha di dalam dunia bisnis semakin berkembang mengikuti kebutuhan manusia yang semakin berkembang pula. Pada sekolah menengah kejuruan siswa di konsentrasikan pada salah satu bidang dari beberapa bidang jurusan yang disediakan oleh sekolah tersebut sesuai dengan konsentrasinya seperti misalnya bidang elektro mesin tata boga fashion penjualan akutansi administrasi perkantoran dan lain sebagainya. Bermacam-macam pilihan jurusan atau bidang keahlian yang disediakan oleh sekolah tersebut diperlukan adanya penjurusan untuk menentukan dimana seharus-nya seorang siswa tersebut ditempatkan dalam salah satu kelas dengan bidang keahlian tertentu sesuai dengan kemampuannya agar siswa tersebut bisa mengikuti proses belajar mengajar dengan baik sehingga kelak dia bisa memperoleh prestasi yang memuaskan dan benar-benar menguasai bidangnya sewaktu lulus dari SMK tersebut. Dalam proses pelaksanaan penjurusan diadakan evaluasi dan pengarahan yang tentu saja mempertimbangkan faktor internal dan faktor eksternal dari siswa tersebut untuk menentukan dimana siswa tersebut dijuruskan. Seperti halnya pada SMK PGRI 02 Malang. Pada SMK PGRI 02 Malang pemilihan bidang dan program keahlian dilakukan berdasarkan pertimbangan (1) minat peserta (2) kemampuan hasil belajar yang dicapai dan potensi yang dimiliki (3) hasil tes bakat (4) hasil pengamatan guru terhadap perilaku dan kecenderungan peserta (5) saran dan pertimbangan dari guru Bimbingan dan Konseling (BK) dan (6) ketersediaan bidang dan program keahlian yang dibuka. Keenam hal tersebut dilaksanakan agar kelak setelah memasuki salah satu bidang jurusan atau bidang keahlian siswa akan benar-benar dapat termotivasi untuk berprestasi dibidangnya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor internal dalam pemilihan program keahlian pada siswa kelas 2 SMK PGRI 02 tahun ajaran 2006/2007 mendeskripsikan faktor-faktor eksternal dalam pemilihan program keahlian pada siswa kelas 2 SMK PGRI 02 tahun ajaran 2006/2007 menganalisis pengaruh faktor internal dalam pemilihan program keahlian terhadap motivasi belajar pada siswa kelas 2 SMK PGRI 02 tahun ajaran 2006/2007 menganalisis pengaruh faktor eksternal dalam pemilihan program keahlian terhadap motivasi belajar pada siswa kelas 2 SMK PGRI 02 tahun ajaran 2006/2007 menganalisis pengaruh faktor internal dan eksternal dalam pemilihan program keahlian terhadap motivasi belajar pada siswa kelas 2 SMK PGRI 02 tahun ajaran 2006/2007 secara simultan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah faktor internal siswa dalam memilih jurusan (X1) dan faktor eksternal dalam memilih jurusan (X2) dan motivasi belajar siswa (Y) sebagai variabel terikatnya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik stratified cluster sampling dengan menyebarkan angket kepada 70 siswa kelas 2 SMK PGRI 02 Malang dan wawancara dengan pihak guru BK. Siswa kelas 2 SMK Negeri 1 Malang menganggap bahwa faktor internal dipertimbangkan dalam pemilihan program keahlian selain itu faktor eksternal juga dipertimbangkan dalam pemilihan program keahlian oleh siswa kelas 2 SMK PGRI 02 Malang. Sedangkan hasil penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa terdapat faktor internal berpengaruh terhadap motivasi belajar hal ini dibuktikan dengan signifikansi t diperoleh sebesar 0 026 dari alpha pada taraf kepercayaan 95% (alpha 0 050) dan thitung (2 284) dari ttabel (1 670). Faktor eksternal dalam pemilihan program keahlian dapat mempengaruhi motivasi belajar hal ini dibuktikan dengan signifikansi t (0 041) dari alpha pada taraf kepercayaan 95% (alpha 0 050) dan thitung (2 087) dari ttabel (1 670). Selain itu secara simultan faktor internal dan eksternal dalam pemilihan program keahlian dapat berpengaruh terhadap motivasi belajar pada siswa kelas 2 SMK PGRI 02 Malang hal ini dibuktikan dengan Fhitung (8 119) Ftabel (3 130) dengan taraf signifikansi 0 001 yang berada dibawah 0 050. Faktor internal dan eksternal dalam pemilihan program keahlian memberikan pengaruh 19 5% terhadap motivasi belajar siswa kelas 2 SMK PGRI 02. Sedangkan sisanya sebesar 80 5% dipengaruhi faktor-faktor lain diluar penelitian ini. Faktor-faktor lain selain faktor internal dan eksternal dalam pemilihan program keahlian yang dapat mempengaruhi motivasi belajar meliputi (1) pemberian hadiah dan pujian (2) adanya persaingan antar siswa (3) adanya hukuman (4) keinginan meraih tujuan yang diharapkan. Saran yang dapat dikemukakan berkaitan dengan penelitian ini adalah agar minat bakat dan kemampuan siswa lebih dipertimbangkan lagi melalui seleksi yang lebih ketat oleh sekolah dan pengarahan yang lebih baik dari orang tua siswa. Jika memungkinkan akan lebih baik apabila diberi kesempatan pada siswa untuk berpindah jurusan pada waktu kenaikan ke kelas 2 tentunya dengan mempertimbangkan prestasi belajar siswa tersebut sebelumnya agar siswa tersebut lebih termotivasi dalam belajar. Caranya adalah dengan menyebarkan form dimana siswa dapat mengutarakan keinginan dan keluhannya selama belajar di kelas 1. sehingga siswa tidak akan merasa terpaksa dalam belajar dan akan lebih termotivasi dalam berprestasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27538

Actions (login required)

View Item View Item