Tri Wahyuni (2009) Pengaruh metode pembelajaran kooperatif Model Stad (Student Teams Achievement Division) terhadap hasil belajar diklat ekonomi siswa SMK Ardjuna 1 Malang / oleh Tri Wahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Sejauh ini pendidikan kita masih didominasi oleh pandangan bahwa pengetahuan adalah seperangkat fakta-fakta yang harus dihafal oleh siswa sehingga hasil pendidikan hanya tampak pada kemampuan siswa menghafal fakta-fakta. Proses pembelajaran di kelas masih berfokus pada guru sebagai sumber utama pengetahuan kemudian ceramah sebagai pilihan utama strategi belajar yang digunakan. Selama ini pembelajaran ekonomi khususnya di SMK Ardjuna 1 Malang masih dominan menggunakan strategi tersebut para siswa dalam menerima pelajaran cenderung menghafal sehingga membosankan karena guru kurang kreatif dalam menyampaikan materi. Sistem pembelajaran yang cenderung mendikte dan mencatat membuat siswa jenuh dan pada akhirnya siswa akan kehilangan motivasi belajar. Sementara penggunaan metode pembelajaran kooperatif masih sangat minim. Padahal metode pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran dapat membantu siswa menghasilkan kerangka konsep yang terjalin dalam suatu makna siswa juga dapat mengkaji dan mengimplementasikan pengetahuan yang dimilikinya. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hasil belajar mata diklat ekonomi siswa yang diajar dengan metode konvensional (2) untuk mengetahui hasil belajar mata diklat ekonomi siswa yang diajar dengan metode pembelajaran kooperatif model STAD (3) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan metode konvensional dengan kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan metode kooperatif model STAD pada mata diklat ekonomi di SMK Ardjuna 1 Malang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen semu (quasy exsperiment). Rancangannya terdiri atas kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Untuk kebutuhan tersebut dipilih kelas-kelas yang memiliki kemampuan atau kondisi yang relatif sama. Penelitian eksperimen semu dalam penelitian ini akan membandingkan dua metode pembelajaran yaitu metode pembelajaran konvensioanal yang didominasi dengan model ceramah dan metode pembelajaran kooperatif model STAD. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas II A Akuntansi dan kelas II B Akuntansi. Kelas II A Akuntansi sebagai subjek penelitian diberikan perlakuan pembelajaran konvensional sedang kelas II B Akuntansi diberikan perlakuan pembelajaran kooperatif model STAD. Data yang dikumpulkan meliputi data tentang hasil belajar (variabel tergantung) sebagai akibat dari pengaruh penggunaan metode pembelajaran konvensional dan metode pembelajaran kooperatif (variabel bebas). Tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar ranah kognitif yang disusun peneliti bersama guru bidang studi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kelompok siswa yang diajar dengan metode konvensional hasil belajar mata diklat ekonomi mengalami peningkatan sebesar 115.80% (2) kelompok siswa yang diajar dengan metode kooperatif model STAD hasil belajar mata diklat ekonomi mengalami peningkatan sebesar 142.35% (3) kelompok siswa yang diajar dengan metode pembelajaran kooperatif model STAD hasil belajar mata diklat ekonomi lebih baik dibanding dengan kelompok siswa yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan yaitu (1) bagi guru mata diklat Ekonomi di SMK Ardjuna 1 Malang dianjurkan menerapkan pembelajaran kooperatif model STAD pada mata diklat ekonomi (2) bagi peneliti lain yang ingin mengembangkan penelitian lebih lanjut dianjurkan untuk menggunakan populasi dan sampel penelitian yang lebih luas dan dengan mata diklat yang berbeda (3) bagi lembaga pendidikan atau instansi yang terkait disarankan untuk dapat mensosialisasikan metode pembelajaran kooperatif dalam pelatihan dan penataran pendidikan guna meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Jan 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/27537 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |