Implementasi model pembelajaran kooperatif Jigsaw pada mata pelajaran ekonomi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 2 Tumpang kecamatan Tumpang Kabupaten Malang / oleh Nuning Fatmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi model pembelajaran kooperatif Jigsaw pada mata pelajaran ekonomi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 2 Tumpang kecamatan Tumpang Kabupaten Malang / oleh Nuning Fatmawati

Nuning Fatmawati (2009) Implementasi model pembelajaran kooperatif Jigsaw pada mata pelajaran ekonomi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 2 Tumpang kecamatan Tumpang Kabupaten Malang / oleh Nuning Fatmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Struktur modal dari suatu perusahaan menggambarkan pendanaan operasional perusahaan dengan menggunakan modal sendiri atau hutang jangka panjang atau juga menggambarkan jumlah utang yang dimiliki oleh perusahaan yang dijamin oleh modal sendiri atau dengan aktiva yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh struktur modal terhadap Return saham. Variabel struktur modal yang diuji dalam penelitian ini adalah Debt to Equity Ratio (DER) Debt to Asset Ratio (Leverage) Longterm Debt to Asset Ratio (LDAR) dan Equity to Asset Ratio (EAR). Sedangakan Return Saham dihitung dari persentase perubahan harga saham penutupan setiap akhir tahun Penelitian ini digolongkan ke dalam penelitian eksplanasi yaitu penelitian yang bermaksud menjelaskan kedudukan variabel-variabel yang diteliti serta hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 16 perusahaan Manufaktur yang listing di Bursa Efek Jakarta (BEJ) yang memenuhi kriteria yang telah ditentukan. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah kuantitatif dan merupakan data sekunder yang diperoleh dari ICMD (Indonesian Capital Market Directory) dan Internet (www.jsx.co.id) tahun 2004-2006. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan komputer program SPSS 13.0. Uji Asumsi Klasik yang digunakan adalah uji normalitas uji autokorelasi uji multikolinieritas uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Debt to Equity Ratio (DER) dan Equity to Asset Ratio (EAR)secara parsial berpengaruh negatif signifikan terhadap return saham sedangkan Debt to Asset Ratio (Leverage) dan Longterm Debt to Asset Ratio (LDAR) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham dengan tanda positif dan negatif. Akan tetapi secara simultan Debt to Equity Ratio (DER) Debt to Asset Ratio (Leverage) Longterm Debt to Asset Ratio (LDAR) dan Equity to Asset Ratio (EAR) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap return saham. Pada penelitian selanjutnya disarankan untuk menambah jumlah sampel dari perusahaan yang sama atau meneliti perusahaan dari sektor non manufaktur menambah variabel memperpanjang periode atau rentang waktu penelitian sehingga hasilnya dapat lebih menentukan penetapan struktur modal yang optimal dalam rangka upaya meningkatkan return saham.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27536

Actions (login required)

View Item View Item