Pengaruh budaya dan iklim organisasi sekolah terhadap motivasi berprestasi siswa program keahlian penjualan " studi pada siswa tingkat 3 SMK Negeri 1 Malang / oleh Maghfirah Hafsari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh budaya dan iklim organisasi sekolah terhadap motivasi berprestasi siswa program keahlian penjualan " studi pada siswa tingkat 3 SMK Negeri 1 Malang / oleh Maghfirah Hafsari

Maghfirah Hafsari (2009) Pengaruh budaya dan iklim organisasi sekolah terhadap motivasi berprestasi siswa program keahlian penjualan " studi pada siswa tingkat 3 SMK Negeri 1 Malang / oleh Maghfirah Hafsari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sekolah secara formal merupakan suatu organisasi yang terbentuk karena berkumpulnya berbagai elemen mulai dari kepala sekolah guru staf administrasi dan peserta didik. Sekolah diharapkan sebagai organisasi yang kondusif dan dapat memberi-kan budaya dan iklim yang baik. Sekolah sebagai suatu organisasi modern yang konsepnya kini telah berubah. Orang percaya bahwa sebuah organisasi adalah tempat untuk hidup dan berkembang. Organisasi bukan hanya sebagai alat untuk mencapai tujuan tertentu yang statis misalnya produk yang berkualitas. Sekolah sebagai organisasi tidak sekedar tempat persiapan anak-anak dimasa mendatang tetapi juga tempat untuk siswa guru dan admnistrator untuk hidup tumbuh dan menjalani perkembangan. Sekolah merupakan bentuk organisasi yang dianggap memiliki budaya yang khas dibandingkan dengan organisasi komersil dimana peranan atasan yaitu dewan guru kepala sekolah dan para administrator berperan sebagai pengayom dan pendidik siswa. Iklim organisasi sekolah dapat dipandang sebagai kepribadian organisasi yaitu sifat dan ciri organisasi yang mempengaruhi perilaku organisasi. seseorang dianggap mempunyai motivasi untuk berprestasi jika ia mempunyai keinginan untuk melakukan suatu karya yang berprestasi lebih baik dari prestasi karya orang lain. Kajian mengenai budaya dan iklim organisasi sekolah yang meneliti berdasarkan persepsi siswanya masih jarang diteliti. Bermula dari penilaian masyarakat dewasa ini yang menilai hasil pendidikan dalam hal ini termasuk prestasi anak didiknya dititik beratkan pada baik-buruknya kondisi sekolah (termasuk iklim dan budaya organisasi yang ada didalamnya). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran objektif tentang deskripsi persepsi siswa tingkat 3 Program Keahlian Penjualan pada budaya organisasi sekolah di SMK Negeri 1 Malang deskripsi persepsi siswa tingkat 3 Program Keahlian Penjualan pada iklim organisasi sekolah di SMK Negeri 1 Malang deskripsi motivasi berprestasi siswa tingkat 3 Program Keahlian Penjualan SMK Negeri 1 Malang. Pengaruh budaya organisasi sekolah terhadap iklim organisasi sekolah pada siswa tingkat 3 Program Keahlian Penjualan SMK Negeri 1 Malang dan pengaruh budaya organisasi dan iklim organisasi sekolah terhadap motivasi berprestasi siswa tingkat 3 Program Keahlian Penjualan SMK Negeri 1 Malang secara parsial dan simultan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode quesioner yang kemudian hasilnya dianalisis dengan regresi berganda. Untuk mendukung kelengkapan data dalam penelitian ini maka digunakan metode dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 3 SMK Negeri 1 Malang. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode random sampling. Kemudian sampel penelitian ditentukan sebesar 42 responden dari 72 populasi penentuan sampel menggunakan rumus slovin. Berdasarkan pengelolaan data dan analisis regresi linear berganda dapat diketahui hasil yang menyatakan (1). Budaya organisasi sekolah dapat mempengaruhi iklim organisasi sekolah berdasarkan persepsi tingkat 3 program keahlian Penjualan di SMK Negeri 1 Malang (2) Budaya organisasi sekolah dapat mempengaruhi motivasi berprestasi siswa tingkat 3 Program Keahlian Penjualan SMK Negeri 1 Malang secara signifikan (3) Iklim organisasi sekolah dapat mempengaruhi motivasi berprestasi siswa tingkat 3 Program Keahlian Penjualan SMK Negeri 1 Malang secara signifikan (4) Budaya dan iklim organisasi sekolah secara simultan dapat mempengaruhi motivasi berprestasi siswa tingkat 3 Program Keahlian Penjualan SMK Negeri 1 Malang secara signifikan. Berdasarkan hasil penelitian teresebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa budaya organisasi sekolah di SMK Negeri 1 Malang diepersepsikan baik oleh siswa tingkat 3 Program Keahlian Penjualan. Iklim organisasi sekolah di SMK Negeri 1 Malang dipersepsikan kondusif oleh siswa tingkat program keahlian. Siswa tingkat 3 program keahlian Penjualan SMK Negeri 1 Malang memiliki motivasi berprestasi yang tinggi. Budaya organisasi yang kuat yang dipelihara secara berkesinambungan dapat meningkatkan motivasi siswa untuk berprestasi lebih baik lagi. Terciptanya suatu iklim organisasi yang kondusif nyaman dan menyenangkan akan mendorong seseorang untuk dapat berbuat lebih baik lagi. Jika budaya dan iklim organisasi telah terbentuk dan saling mendukung maka secara simultan keduanya dapat mempengaruhi motivasi berprestasi. Saran yang diberikan untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa dalam penelitian ini adalah Bagi pihak SMK Negeri 1 Malang (1) kepala sekolah harus selalu memberikan motivasi kepada guru dan siswa sehingga mereka dapat meningkatkan prestasinya. (2) Merancang peningkatan prestasi belajar melalui optimalisasi motivasi berprestasi siswa dengan memperhatikan latar belakang siswa. Bagi dewan guru SMK Negeri 1 Malang (1) Menciptakan lingkungan belajar di Program Keahlian Penjualan melalaui pendekatan pembelajaran kostruktif dan kegiatan belajar interaktif untuk memotivasi siswa untuk berprestasi dan (2) Menghilangkan suasana tegang dalam mengajar sehingga siswa dapat merasa nyaman dalam belajar dan didukung dengan meningkatkan keakraban dengan siswa melalui komunikasi yang baik antara siswa dengan guru dan (3) Memahami karakteristik dan kebutuhan siswa agar dapat meningkatkan motivasi berprestasi siswa. Bagi siswa Tingkat 3 SMK Negeri 1 Malang (1) Selalu menjaga dan memperjuangkan nama baik sekolah baik didalam maupun diluar sekolah (2) Mematuhi peraturan/tata tertib sekolah agar dapat mendukung budaya organisasi yang baik dan mencipta-kan suasana sekolah yang nyaman dan (3) Selalu meningkatkan prestasi akade-mik dan non akademik dengan mengoptimalkan sarana dan prasarana yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27535

Actions (login required)

View Item View Item