Pengembangan media dua dimensi berbasis teknologi informasi untuk menstimulasi keaksaraan awal anak usia 4-5 tahun / Arum Sinta Kartika - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media dua dimensi berbasis teknologi informasi untuk menstimulasi keaksaraan awal anak usia 4-5 tahun / Arum Sinta Kartika

Kartika, Arum Sinta Kartika (2023) Pengembangan media dua dimensi berbasis teknologi informasi untuk menstimulasi keaksaraan awal anak usia 4-5 tahun / Arum Sinta Kartika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tahap perkembangan bahasa menunjukkan bahwa proses perkembangan anak usia 4-5 tahun merupakan masa anak menyusun suku kata menjadi kata dan kata menjadi kalimat yang mana anak masih mengalami proses belajar dalam berbahasa khususnya pada keakasaraan awal anak. Analisis kebutuhan yang ditemukan pada hasil observasi di dua lembaga yaitu TK Negeri Pembina 2 Malang dan TK Negeri Pembina 5 Malang yang telah didapatkan beberapa anak yang masih kesulitan pada keaksaraannya melalui wawancara terhadap guru di kedua lembaga bahwa terdapat beberapa anak yang sudah berkembang pada kegiatan membaca menulis menyimak dan berbicara dan terdapat beberapa anak yang masih belum berkembang serta lembar angket yang digunakan pada proses pembelajaran disekolah untuk mengetahui proses anak pada kegiatan belajar yang terdapat di beberapa indikator. Oleh karena itu dibutuhkan suatu pembelajaran yang dapat menstimulasi keaksaraan awal anak usia 4-5 tahun melalui kegiatan video pembelajaran sesuai dengan tema yang ada di sekolah. Penelitian ini menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengembangan media dua dimensi berbasis teknologi informasi berupa video pembelajaran untuk menstimulasi keaksaraan awal anak usia 4-5 tahun. Model pengembangan yang digunakan adalah model pembelajaran ADDIE sebagai gambaran pendekatan sistematis untuk pengembangan instruksional sehingga sangat tepat untuk dikembangakan dalam pembelajaran di kelas. Instrument penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu berupa angket untuk mengetahui hasil validasi ahli materi hasil validasi ahli media pengguna dan hasil capaian belajar anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi wawancara angket dan dokumentasi. Simpulan dari penelitian ini adalah dapat mengembangakan suatu produk berupa media dua dimensi berbasis teknologi informasi berupa video pembelajaran sesuai dengan tema yang ada disekolah untuk menstimulasi keaksaraan awal anak usia 4-5 tahun melalui kegiatan membaca menulis menyimak dan berbicara serta melakukan pengamatan secara langsung di ruang kelas A serta dilakukannya wawancara yang tidak terstruktur. Hasil dari uji coba produk pada yang telah dilakukan melalui uji coba validasi ahli uji validasi pengguna dan uji kelompok kecil dan kelompok besar (audiance) diperoleh dari hasil kusioner atau angket yang didapatkan dari skala Linkert lima tingkat kemudian skor tersebut dapat dikonversi menjadi nilai presentase. Oleh karena itu pengembangan produk dinyatakan valid dikarenakan hasil dari uji validasi para ahli pengguna dan audiance. Berdasarkan hasil penelitian ini terbukti bahwa pengembangan media dua dimensi berbasis teknologi informasi berupa video pembelajaran untuk menstimulasi keaksaraan awal anak usia 4-5 tahun dalam hal ini dapat dinyatakan sangat valid. Oleh karena itu pengembangan media video pembelajaran ini dapat dimanfaatkan oleh pengguna sehingga anak dapat pembelajaran yang bervariasi dan dapat menstimulasi keaksaraanya melalui kegiatan membaca menulis menyimak dan berbicara serta anak dapat memahami isi dari materi pembelajaran. Kegiatan ini dapat memotivasi dan memberikan rangsangan terhadap anak sesuai dengan anjuran dari Kemendikbud nomor 137 tahun 2013 tentang Tingkat Pencapaian Perkembangan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun pada proses pembelajaran keaksaraan awal. Pada hasil capaian belajar anak sebaiknya dapat menstimulasi keaksaraan awal tidak hanya perkembangan bahasanya saja melainkan dapat mengembangkan semua aspek perkembangan lainnya (perkembangan holistik).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Mar 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/275329

Actions (login required)

View Item View Item