Sari, Sarah Kurnia Sari (2022) Analisis kebutuhan peningkatan keprofesionalan berkelanjutan guru tk / Sarah Kurnia Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan apa saja yang diperlukan oleh guru TK dalam meningkatkan keprofesian berkelanjutannya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan keprofesian berkelanjutan oleh guru belum dilaksanakan secara teratur dan berkesinambungan guru hanya melaksanakan pengembangan keprofesian berkelanjutan pada aspek pengembangan diri dan karya inovatif. Minimnya dana rendahnya motivasi guru dan durasi waktu pelaksanaan kegiatan yang tidak efektif menjadi kendala yang dihadapi oleh guru sehingga dibutuhkan adanya pendampingan secara berkala dan pelatihan pelatihan karya ilmiah bagi guru agar guru mampu melaksanakan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan secara mandiri. Sekolah dapat menyiapkan anggaran RAPBS khusus pengembangan profesi guru guru dapat mengakses pelatihan atau seminar gratis secara online melalui platform dari kementrian pendidikan dan kebudayaan yaitu aplikasi merdeka mengajar atau dari institusi pendidikan terkait sehingga mampu meningkatkan kemampuan sehingga mampu meningkatkan kompetensi IT. Penyelenggara dapat memberikan pendampingan secara berkelanjutan bagi guru setelah melaksanakan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan dan menyusun waktu kegiatan yang efektif dan bagi peneliti selanjutnya dapat meneliti lebih dalam terkait dengan pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi guru.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Jan 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/275315 |
Actions (login required)
View Item |