Implementasi penilaian autentik di SD Negeri 02 Wandanpuro Kabupaten Malang / Tara Zahrah Milati - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi penilaian autentik di SD Negeri 02 Wandanpuro Kabupaten Malang / Tara Zahrah Milati

Milati, Tara Zahrah (2022) Implementasi penilaian autentik di SD Negeri 02 Wandanpuro Kabupaten Malang / Tara Zahrah Milati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penilaian autentik merupakan suatu penilaian yang ditekankan pada proses dan hasil belajar serta mengarahkan peserta didik untuk menunjukkan atau menerapkan kompetensi serta keterampilan yang sudah dimilikinya untuk mengatasi permasalahan yang mereka temui di kehidupan nyata. Awal tahun 2020 terjadi perubahan mendadak pada sistem pendidikan di Indonesia hal tersebut terjadi karena penyebaran wabah penyakit yang disebabkan oleh virus (Coronavirus Disease 2019) yang tersebar diseluruh penjuru dunia. Dunia pendidikan menjadi salah satu yang terdampak dari adanya kebijakan pemerintah terkait kegiatan belajar mengajar yang tidak lagi dapat dilakukan secara tatap muka. Dengan adanya permasalahan tersebut tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi penilaian autentik pada kondisi khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan implementasi serta tindak lanjut penilaian autentik pada PTM terbatas masa pandemi Covid 19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian adalah guru kelas IVA dan IVB SD Negeri 02 Wandanpuro Kabupaten Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan menggunakan langkah-langkah yang pertama reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian diperoleh fakta mengenai perencanaan penilaian autentik telah dilaksanakan oleh guru kelas IV hal tersebut terlihat dengan adanya RPP yang telah disusun oleh guru dan telah memuat tiga komponen inti sesuai dengan ketentuan Kemendikbud. Implementasi penilaiain autentik di kelas IV telah dilaksanakan dengan baik meskipun dalam implementasinya belum dapat terlaksana seluruhnya. Penilaian autentik yang belum dapat dilaksanakan oleh guru yakni penilaian portofolio penilaian proyek penilaian diri serta penilaian antar teman hal tersebut dikarenakan guru menemui kendala selama pelaksanaan PTM terbatas. Tindak lanjut penilaian autentik telah dilaksanakan dengan baik terlihat dari pemberian pujian serta teguran kepada peserta didik atas penilaian sikapnya serta guru melakukan pembimbingan kepada peserta didik yang belum memahami suatu materi pembelajaran sebelum memberikan tugas tambahan atau remedial. Simpulan dalam penelitian ini adalah dalam implementasinya penilaian autentik telah terlaksana di SD Negeri 02 Wandanpuro Kabupaten Malang walaupun masih belum seluruh jenis penilaian autentik dapat dilaksanakan karena guru masih mengalami beberapa kendala yang membuat guru kesulitan untuk melaksanakannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/275074

Actions (login required)

View Item View Item