Pengembangan media e-komik materi hak dan kewajiban (Komakan) dengan penguatan karakter mandiri bagi siswa kelas IV SD / Aprilia Retnaning Ayu Gumilang - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media e-komik materi hak dan kewajiban (Komakan) dengan penguatan karakter mandiri bagi siswa kelas IV SD / Aprilia Retnaning Ayu Gumilang

Gumilang, Aprilia Retnaning Ayu (2022) Pengembangan media e-komik materi hak dan kewajiban (Komakan) dengan penguatan karakter mandiri bagi siswa kelas IV SD / Aprilia Retnaning Ayu Gumilang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan yang ditemukan berdasarkan wawancara dengan guru kelas 4 di SDN SDN Bajang 02 Kabupaten Blitar dan SDN Selopuro 04 Kabupaten Blitar dan SDN Pakunden 01 Kota Blitar menunjukkan adanya kebutuhan guru dalam mata pelajaran PKn. Kebutuhan tersebut adalah sebagai berikut a) media pembelajaran PKn yang kurang bervariasi (b) siswa hanya membaca lewat buku Tema yang hanya berisi pertanyaan-pertanyaan tentang hak dan kewajiban karena untuk materi langsung dijelaskan oleh guru (c) pembelajaran yang dirasa guru dan siswa kurang menyenangkan. Berdasarkan permasalahan tersebut menunjukkan adanya kebutuhan sekolah yaitu perlu adanya media pembelajaran sebagai pelengkap buku tema siswa pada materi hak dan kewajiban yang menarik dan praktis. Maka dari itu dikembangkan media pembelajaran E-Komik pada materi hak dan kewajiban agar dapat dijadikan referensi media pembelajaran yang dapat digunakan untuk pembelajaran di manapun dan kapanpun. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan media pembelajaran yang valid menurut ahli materi ahli media penggguna atau guru dan praktis menurut siswa. Model penelitian dan pengembangan pada media pembelajaran ini adalah model ADDIE terdiri dari lima tahapan yaitu analisis perancangan pengembangan implementasi dan evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa wawancara angket dan dokumentasi. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan analisis persentase untuk data kualitatif menggunakan analisis deskripstif. Berdasarkan uji kevalidan secara berurutan diperoleh hasil validasi materi sebesar 87 5% validasi media sebesar 93 75% dan validasi pengguna atau guru mendapatkan rata-rata sebesar 96 87% dengan kriteria kevalidan sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Sedangkan untuk kepraktisan produk diperoleh berdasarkan dari hasil uji coba satu-satu oleh siswa sebesar 100% hasil uji coba skala kecil sebesar 93 75% dan hasil uji coba lapangan sebesar 100% dengan hasil kategori sangat praktis. Simpulan dalam penelitian ini adalah media pembelajaran E-Komik materi hak dan kewajiban (KOMAKAN) yang dikembangkan sangat valid menurut ahli materi ahli media pengguna atau guru dan sangat prakis menurut siswa. Disarankan untuk peneliti selanjutnya untuk mengembangkan produk media pembelajaran E-Komik pada materi lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/275072

Actions (login required)

View Item View Item