Widanto, Kepin Muhamad Widanto (2023) Pengembangan modul dalam kegiatan menulis puisi di kelas iv sdn i sukorejo wetan tulungagung / KEPIN MUHAMAD WIDANTO. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Widanto Kepin Muhamad. 2023. Pengembangan Modul Dalam Kegiatan Pembelajaran Menulis Puisi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri I Sukorejo Wetan Tulungagung. Skripsi. Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muh. Arafik S.Pd M.Pd (II) Ferril Irham Muzaki S.Pd M.Pd Kata Kunci pengembangan media modul menulis puisi Penelitian dan Pengembangan modul menulis puisi dilaksanakan di kelas IV SDN I Sukorejo Wetan. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV menunjukan adanya pemasalahan yaitu sebagai berikut (a) terbatasnya media yang digunakan guru dalam mengajar materi bahasa Indonesian (b) materi menulis puisi memerlukan media menjadikan siswa untuk belajar secara mandiri (c) media yang ada membuat siswa kurang tertarik. Berdasarkan permasalahan tersebut dibutuhkan media yang mampu mengatasi permasalahan tersebut yaitu media yang mampu meningkatkan ketertarikan siswa dalam belajar juga meningkatkan kreatifitas siswa dalam pembelajaran. Maka dari itu dikembangkan modul menulis puisi dalam kegiatan pembelajaran menulis puisi agar dapat dijadikan alternatif solusi untuk memecahkan masalah yang ada tersebut. Tujuan dari dilaksanakan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan media yang valid menurut ahli materi dan media yang praktis menurut pengguna dan menarik menurut siswa. Model penelitian dan pengembangan pada media pembelajaran ini adalah model ADDIE terdiri dari lima tahapan yaitu analisis perancangan pengembangan implementasi dan evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara angket validasi dan dokumentasi. Data hasil validasi ahli dan uji coba produk dianalisis dan diukur menggunakan skala likert untuk menilai kevalidan dan kepraktisan produk sedangkan skala guttman untuk mengetahui kemenarikan produk. Berdasarkan uji kevalidan oleh ahli materi diapatkan hasil dengan persentase sebesar 80 00% yang mana temasuk kedalam kriteria valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Kemudian pada uji kevalidan oleh ahli media didapatkan hasil sebesar 86 66% yang mana termasuk sangat valid. Uji kepraktisan yang dilakukan oleh pengguna dalam hal ini guru mendapatkan hasil dengan persentase 88 33% yang termasuk kedalam kriteria sangat praktis dan dapat digunakan tanpa perlu direvisi. Kemudian uji kemenarikan yang dilakukan oleh siswa pada uji coba kelompok kecil didapatkan hasil dengan persentase sebesar 96 25% dan pada uji coba kelompok besar mendapatkan hasil 98 12% yang mana kedua hasil pada dua uji coba tersebut masuk kriteria sangat menarik. Simpulan dalam penelitian ini adalah modul menulis puisi yang dikembangkan valid menurut ahli materi sangat valid menurut ahli media sangat praktis menurut pengguna atau guru dan sangat menarik menurut siswa. Disarankan untuk peneliti selanjutnya untuk mengembangkan produk modul pada materi yang lain serta mengubahnya kedalam bentuk yang lebih interaktif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Mar 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/275070 |
Actions (login required)
View Item |