Analisis peran guru dalam mengatasi permasalahan pembelajaran matematika kelas IV sekolah dasar / Novika Nur Syahrani - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis peran guru dalam mengatasi permasalahan pembelajaran matematika kelas IV sekolah dasar / Novika Nur Syahrani

Syahrani, Novika Nur (2022) Analisis peran guru dalam mengatasi permasalahan pembelajaran matematika kelas IV sekolah dasar / Novika Nur Syahrani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan permasalahan pembelajaran matematika dan peran guru dalam mengatasi permasalahan pembelajaran matematika di SDN Bunulrejo 3 dan SDN Bunulrejo 4. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan terhadap guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini meliputi 3 tahapan yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Untuk memberikan keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini adalah 1. Guru mengalami permasalahan dalam penyusunan RPP pemilihan media pelaksanaan pembelajaran dan pelaksanaan evaluasi diakhir pembelajaran. 2. Siswa kesulitan dalam memahami materi memecahkan permasalahan pada soal cerita dan masih merasa malu dalam bertanya. 3. Peran guru dalam mengatasi permasalahan pembelajaran matematika meliputi pendidik sumber belajar fasilitator dan evaluator yang dimanfaatkan dengan baik seperti guru bersikap disiplin untuk memberikan teladan kepada siswa menciptakan keaktifan dengan berdiskusi memberikan nasehat dengan sikap yang positif dalam menyelesaikan permasalahan guru terlihat menguasai materi pembelajaran saat menjelaskan materi guru menjelaskan konsep terlebih dahulu agar materi mudah dipahami oleh siswa dan pada materi tertentu guru terkadang menggunakan media seperti papan perkalian PPT dan media konkret serta guru tidak melaksanakan evaluasi setiap akhir pembelajaran namun memberikan latihan soal dan meminta siswa untuk meringkas materi yang telah dipelajari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/275063

Actions (login required)

View Item View Item