Analisis kesalahan dalam hots melalui matematika topik pecahan pada SD Negeri Temas 01 Kota Batu kelas IV / Popi Nelawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan dalam hots melalui matematika topik pecahan pada SD Negeri Temas 01 Kota Batu kelas IV / Popi Nelawati

Nelawati, Popi Nelawati (2022) Analisis kesalahan dalam hots melalui matematika topik pecahan pada SD Negeri Temas 01 Kota Batu kelas IV / Popi Nelawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nelawati Popi. 2022. Analisis Kesalahan dalam HOTS melalui Matematika Topik Pecahan pada SD Negeri Temas 01 Kota Batu Kelas IV. Skipsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Goenawan Roebyanto S.Pd M.Pd (2) Dr. Siti Mas rsquo ula M.Pd Kata Kunci Kesalahan Siswa HOTS Pecahan Peran penting pendidikan bagi kelangsungan hidup manusia diupayakan pemerintah dalam penyelenggaran pendidikan jenjang dasar hingga pendidikan tinggi. Permendiknas No. 22 tahun 2006 menyatakan bahwa mata pelajaran matematika menjadi salah satu muatan yang perlu diajarkan agar siswa mampu berpikir logis analitis sistematis kritis dan jua kreatif. Tuntutan zaman membuat siswa harus mengikuti perkembangan abad 21 yang menmbuat siswa terbiasa dalam berfikir tingkat tinggi atau High Order Thinking Skills (HOTS). Namun dalam kenyataanya mata pelajaran matematika menjadi mata pelajaran yang dianggap sulit oleh banyak siswa. Hal ini sesuai dengan pernyataan guru kelas IV yang menyatakan sulitnya membelajarkan matematika salah satunya topik pecahan pada siswa di kelasnya. Kesulitan ini menjadi dasar peneliti untuk mencari mengenai kesalahan yang biasa dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal yang diberikan oleh guru. Penelitian ini betujuan untuk mengidenifikasi kesalahan yang dilakukan oleh siswa dan mendeskripsikan solusi yang dapat dilakukan untuk meminimalisir kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam HOTS melalui matematika topik pecahan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Terdapat 5 subjek penelitian yang dipilih sesuai dengan pengelompokan hasil tes yang telah dilakukan terhadap populasi yang ada. Penelitian ini menggunakan peneliti tes tulis wawancara dan dokumentasi untuk mendapatkan data. Analisis data yang digunakan menggunakan analisis data model Milles and Huberman dengan 3 tahap yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa melakukan beberapa kesalahan yang sesuai dengan Prosedur Newman yang digunakan. Subjek penelitian yang ada pada penelitian ini melakukan 6 kesalahan membaca 23 kesalahan memahami soal 3 kesalahan tranformasi masalah 11 kesalahan keterampilan proses dan 16 kesalahan penulisan jawaban. Kesalahan yang dilakukan oleh siswa ini masih banyak ditemukan dalam penelitian lain yang membahas topik yang serupa. Oleh karena itu peneliti memberikan beberapa solusi yang dapat digunakan untuk meminimalisir terjadinya kesalahan serupa. Solusi tersebut diantaranya yaitu melatih siswa untuk mengerjakan soal yang serupa agar siswa terbiasa mengerjakan dengan prosedur yang ada pembuatan soal cerita yang perlu menggunakan bahasa yang lebih komunikatif agar siswa mudah memahami soal yang diberikan dan pentingnya penggunaan media konkret dalam menjelaskan konsep matematika yang cenderung bersifat abstrak. Beberapa solusi tersebut dapat digunakan oleh guru agar mempermudah dalam membelajarkan materi pecahan dan merangsang siswa dalam berpikir tingkat tinggi. Selain itu penelitian ini masih banyak kekurangan yang perlu disempurnakan dengan menerapkan penelitian tindakan kelas agar dapat diperoleh solusi yang tepat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/275059

Actions (login required)

View Item View Item