Pengembangan media pembelajaran komiku pada materi cerita fiksi untuk menumbuhkan karakter gemar membaca di kelas IV SDN Kepanjenlor 1 Kota Blitar / Muchamad Aldi Putra Romadon - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran komiku pada materi cerita fiksi untuk menumbuhkan karakter gemar membaca di kelas IV SDN Kepanjenlor 1 Kota Blitar / Muchamad Aldi Putra Romadon

Romadon, Muchamad Aldi Putra (2022) Pengembangan media pembelajaran komiku pada materi cerita fiksi untuk menumbuhkan karakter gemar membaca di kelas IV SDN Kepanjenlor 1 Kota Blitar / Muchamad Aldi Putra Romadon. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Romadon Muchamad Aldi Putra. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Komiku pada Materi Cerita Fiksi untuk Menumbuhkan Karakter Gemar Membaca di Kelas IV SDN Kepanjenlor 1 Kota Blitar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Departemen Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Alif Mudiono M.Pd. (2) Ferril Irham Muzaki S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Media Pembelajaran Komiku Karakter Gemar Membaca Penggunaan media pembelajaran juga berpengaruh dalam menyampaikan materi kepada peserta didik. Pemilihan media pembelajaran perlu disesuaikan dengan materi yang akan disapaikan. Hasil wawancara dengan guru kelas IV SDN Kepanjenlor 1 Kota Blitar menunjukan bahwa penggunaan media di sekolah masih kurang varitif dan dipengaruhi beberapa faktor seperti cerita yang ada dalam buku tematik kurikulum K13 terlalu banyak teks dan sedikitnya gambar yang mendukung dari cerita. Melalui pengembangan media pembelajaran komiku ini dapat membantu dalam upaya memberikan inovatif dalam penggunaan media pembelajaran serta menumbuhkan karakter gemar membaca. Tujuan penelitian ini untu mengembangkan media yang valid menurut ahli materi ahli media praktis menurut pengguna dan menarik bagi peserta didik. Penelitian pengemangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri tahap Analyze Design Develop Implement dan Evaluate. Data yang digunakan dalam peneilitian ini ada 2 yaitu data kuantitatif dari hasil validasi para ahli pengguna serta peserta didik. Data kualitatif dari saran dan masukan dari para ahli dan pengguna. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara angket dan dokumentasi. Kemudian analisis data menggunakan skala Likert untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan sedangkan skala Guttman untuk mengetahui kemenarikan. Teknik analisis data menggunakan persentase kemudian hasilya dikategorisasikan. Hasil penelitian pengembangan ini didapatkan dari ahli materi mencapai 82 35% ahli media sebesar 88 46% dan pengguna sebesar 88 46%. Ketiga hasil dari validasi tersebut masuk dalam kategori sagat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Penilaian kepraktisan media dari guru sebagai pengguna mendapat persentase sebesar 86 66% dengan kategori sangat praktis. Kemenarikan media yang dinilai oleh peserta didik mendapatkan nilai sebesar 95 23% dengan kategori sangat menarik. Sehingga media pembelajaran ini menunjukan media yang praktis digunakan dan menarik digunakan dalam pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitan dan pengebangan ini mampu mengembangkan media pembelajaran komiku dengan materi ceerita fiksi untuk menumbuhkan karakter gemar membaca yang valid menurut ahli materi ahli media praktis menurut guru sebagai pengguna dan menarik menurut peserta didik. Saran untuk pemanfaatan media bahwa perlu penguatan materi cerita fiksi dan cara penggunaan komik sehingaa dapat digunakan dengan lancar dan untuk penelitan lebih lanjut disarankan untuk mengangkat cerita-cerita yang lebih ringan dan perluasaan media yang digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Nov 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/275049

Actions (login required)

View Item View Item