Pengembangan bahan ajar elektronik menggunakan google sites materi hak dan kewajiban Kelas IV sekolah dasar / Aulia Permatasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar elektronik menggunakan google sites materi hak dan kewajiban Kelas IV sekolah dasar / Aulia Permatasari

Permatasari, Aulia (2022) Pengembangan bahan ajar elektronik menggunakan google sites materi hak dan kewajiban Kelas IV sekolah dasar / Aulia Permatasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Beragam permasalahan yang ditemukan pada saat wawancara dengan wali kelas 4 di SDN Sumbergedang 1 pada tanggal 7 maret 2022 wawancara dengan wali kelas 4 di SD Anak Bangsa Cerdas pada tanggal 8 maret 2022 dan wawancara dengan wali kelas 4 SD Islam Ukhuwah Pandaan pada tanggal 9 maret 2022 yang ditemukan permasalahan yaitu pembelajaran yang dilaksanakan tidak berjalan maksimal kurangnya minat baca pada siswa. Kendala yang dialami oleh ketiga SD tersebut yaitu kurang beragamnya media yang digunakan pada SD tersebut masih belum memanfaatkan media pembelajaran dengan maksimal terutama yang berbasis elektronik. Para guru hanya mengandalkan buku terutama buku paket yang menjadi pegangan siswa maka dari itu siswa merasa bosan. Minat membaca pada diri siswa masih kurang terutama pada muatan PKn yang tidak terfokus pada pemahaman materi saja akan tetapi juga penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Berangkat dari masalah yang ada peneliti mengembangkan media pembelajaran berupa pengembangan bahan ajar elektronik menggunakan google sites materi hak dan kewajiban kelas IV sekolah dasar yang valid menurut ahli materi ahli media dan guru serta menarik dan praktis menurut siswa. Model penelitian dan pengembangan pada bahan ajar elektronik ini adalah ADDIE terdiri dari lima tahapan yaitu analisis perancangan pengembangan implementasi dan evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara yang dilakukan dengan narasumber guru kelas 4 angket validasi ahli materi angket validasi ahli media angket validasi pengguna dan angket kemenarikan dan kepraktisan siswa dokumentasi. Data yang diperoleh adalah data kualitatif dan kuantitatif data kualitatif diperoleh dari tanggapan tertulis oleh ahli materi ahli media dan pengguna. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari angket ahli materi ahli media dan pengguna. Data dari hasil validasi ahli dan uji coba produk kemudian diolah untuk diubah menjadi bentuk presentase yang diperoleh sebesar 93 7% untuk hasil validasi materi kemudian validasi ahli media sebesar 91 6% dan validasi guru mendapatkan rata-rata sebesar 95 8% dengan kriteria kevalidan sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Sedangkan untuk kepraktisan produk diperoleh berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil mendapatkan hasil sebesar 98% dan hasil uji coba kelompok besar mendapatkan hasil sebesar 94% dengan kategori hasil sangat praktis. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan dalam penelitian ini adalah bahan ajar elektronik menggunakan google sites pada materi hak dan kewajiban kelas IV sekolah dasar yang dikembangkan sangat valid menurut ahli materi ahli media pengguna menarik dan praktis menurut siswa. Disarankan untuk peneliti selanjutnya mengembangkan produk bahan ajar elektronik berbantuan google sites pada materi yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/275047

Actions (login required)

View Item View Item