Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di SDIT Lentera Hati Ponorogo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di SDIT Lentera Hati Ponorogo

Hanifah, Wafa Dani (2022) Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di SDIT Lentera Hati Ponorogo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan wawancara dengan guru kelas V dan Kepala Sekolah pembelajaran IPA di SDIT Lentera Hati masih bersifat teacher centered. Padahal IPA berdasarkan karakteristiknyaa tidak hanya mengenai penguasaan konsep saja namun juga proses penemuan pengetahuan sehingga hendaknya melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu dibutuhkan suatu model pembelajaran yang mampu melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan penemuan pengetahuannya (student centered) salah satunya yaitu model Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk merepresentasikan (1) hasil belajar IPA pada siswa kelas VB dengan menggunakan model Problem Based Learning (2) hasil belajar IPA pada siswa kelas VA tanpa menggunakan model Problem Bassed Learning (3) Pengaruh penggunaan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di SDIT Lentera Hati Ponorogo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan metode kuasi eksperimen (quasy experimental design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SDIT Lentera Hati Ponorogo dengan sampel berupa dua rombongan belajar kelas V yaitu kelas VA dan VB. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling diperoleh hasil kelas VB sebagai kelas eksperimen (menggunakan model Problem Based Learning) dan kelas VA sebagai kelas kontrol (tanpa menggunakan model Problem Based Learning). Sementara instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah berupa soal pre-test dan post-test yang sebelum digunakan dalam kegiatan penelitian telah dilakukan uji validitas reliabilitas tingkat kesukaran dan daya pembeda. Teknik analisis data yang digunakan berupa uji prasyarat analisis yang terdiri dari uji normalitas uji homogenitas uji beda kemampuan awal dan uji hipotesis penelitian menggunakan uji independent sample t-test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPA siswa. Di mana hasil belajar (post-test) kelas eksperimen lebih tinggi 12 75 dibandingkan dengan kelas kontrol. Rata-rata hasil belajar IPA siswa kelas eksperimen adalah 74 50 dan kelas kontrol 61 75. Selain itu berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test dengan bantuan SPSS 25 diperoleh hasil Sig 0 001 lt 0 05 yang berarti Ho ditolak. Dengan demikian terdapat pengaruh positif yang signifikan pada penggunaan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di SDIT Lentera Hati.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jan 2022 04:29
Last Modified: 14 Aug 2023 08:45
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/275041

Actions (login required)

View Item View Item