Pengaruh penerapan model discovery learning pada pembelajaran bermuatan IPA terhadap hasil belajar Siswa Kelas III SDN 1 Ploso / Rizki Setya Kartika - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan model discovery learning pada pembelajaran bermuatan IPA terhadap hasil belajar Siswa Kelas III SDN 1 Ploso / Rizki Setya Kartika

Kartika, Rizki Setya (2022) Pengaruh penerapan model discovery learning pada pembelajaran bermuatan IPA terhadap hasil belajar Siswa Kelas III SDN 1 Ploso / Rizki Setya Kartika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kondisi pembelajaran IPA menunjukkan bahwa proses pembelajaran masih didominasi oleh guru dengan menggunakan model pembelajaran konvensional yang sebenarnya sudah baik dalam penyampaian materi namun hasil belajar siswa masih rendah. Masalah ini ditemukan di SDN 1 Ploso Kecamatan Pacitan berdasarkan observasi wawancara dengan guru serta pemberian angket kepada siswa bahwa pada saat pembelajaran tematik muatan IPA di kelas III di sekolah tersebut diketahui bahwa proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah diskusi tanya jawab serta penugasan yang sebenarnya pengelolaan kelas sudah baik namun hasil belajarnya masih belum maksimal dibawah KKM sebesar 70 yang ditetapkan sekolah. Ketuntasan belajar pada kelas ini yaitu 52% yang dibuktikan hasil dokumentasi nilai aspek pengetahuan siswa. Oleh karena itulah dibutuhkan suatu model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dan langsung salah satunya model Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen (Quasi Eksperimental Design). Tujuan dari penelitian ini yakni mengetahui pengaruh penerapan model Discovery Learning pada pembelajaran IPA terhadap hasil belajar SDN 1 Ploso. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III yaitu kelas IIIA dan IIIB. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik sampling sensus dimana kelas IIIA menjadi kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional dan IIIB menjadi kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Instrumen penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data berupa soal evaluasi pre-test dan post-test yang sebelum digunakan dalam penelitian sudah dilakukan uji validitas reliabilitas tingkat kesukaran dan daya beda. Teknik analisis data yang digunakan berupa uji prasyarat meliputi uji normalitas reliabilitas dan homogenitas kemudian uji t-test dan uji hipotesis. Simpulan dari penelitian ini adalah di dapat pengaruh signifikan dari diterapkannya model Discovery Learning pada pembelajaran muatan IPA atas hasil belajar kognitif siswa kelas III SDN 1 Ploso Kecamatan Pacitan. Perihal ini dibuktikan melalui hasil uji hipotesis yang dihitung dari nilai kelompok kontrol dan eksperimen. Hasil hipotesis di kelompok eksperimen diperoleh nilai signifikansi sejumlah 0 000 lt 0 05. Maka dari itu model Discovery Learning dinyatakan memberikan pengaruh pada hasil belajar siswa. Besarnya pengaruh yakni sebesar 79%. Berdasarkan hasil penelitian ini terbukti bahwa penggunaan model pembelajaran yang bervariasi dalam hal ini model Discovery Learning mempengaruhi hasil belajar siswa. Oleh karena itu guru perlu meningkatkan pengelolaan kelas dengan penerapan model pembelajaran yang bervariasi dan melibatkan siswa secara langsung sehingga dalam proses pembelajaran siswa dapat memahami materi dengan baik. Pihak sekolah hendaknya lebih memotivasi guru untuk menggunakan model pembelajaran sesuai anjuran permendikbud nomor 22 tahun 2016 diantaranya model Discovery/Inquiry Learning Problem-based Learning dan Project-based Learning yang dapat meningkatkan kualitas dalam proses pembelajaran. Dan bagi penelitian lain sebaiknya peneliti lain yang tertarik dengan masalah seperti ini bisa menambah variabel yang diteliti. Contohnya variabel Problem-based Learning. Pada hasil belajar sebaiknya mengukur aspek afektif dan juga aspek psikomotorik peserta didik. Karena dalam pembelajaran IPA perlu dilakukan penilaian proses.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/275040

Actions (login required)

View Item View Item