Pengembangan LKPD berbantuan swishmax pada materi panca indra kelas IV SDN Bakung 02 Udanawu / Hanim Mahmudah Nur Aini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan LKPD berbantuan swishmax pada materi panca indra kelas IV SDN Bakung 02 Udanawu / Hanim Mahmudah Nur Aini

Aini, Hanim Mahmudah Nur (2022) Pengembangan LKPD berbantuan swishmax pada materi panca indra kelas IV SDN Bakung 02 Udanawu / Hanim Mahmudah Nur Aini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara bersama guru kelas IV UPT SDN Bakung 02 Udanawu pembelajaran IPA materi panca indra peserta didik masih kesulitan dalam memahami materi karena peserta didik hanya membaca materi saja. Pembelajaran di kelas hanya menggunakan bahan ajar dari buku siswa dan buku PR sehingga mengurangi minat belajar peserta didik. Penggunaan bahan ajar berbantuan teknologi belum dilakukan dengan maksimal. Rasa ingin tahu peserta didik masih kurang dalam mempelajari materi panca indra karena jika peserta didik ditanya kembali mengenai materi panca indra sering atau sudah lupa. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan LKPD berbantuan Swishmax yang valid menurut ahli materi ahli bahan ajar praktis menurut guru dan menarik menurut peserta didik sebagai pengguna. Penelitian dan pengembangan LKPD berbantuan swishmax menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau R amp D (Research and Development). Rancangan pengembangan mengacu pada model pengembangan ADDIE Adapun langkah-langkah model pengembangan ADDIE meliputi (1) Analysis (Analisis) (2) Design (Desain) (3) Development (Pengembangan) (4) Implementation (Implementasi) (5) Evaluation (Evaluasi). Jenis data penelitian menggunakan data kuantitatif dan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara angket dan dokumentasi. Tahap implementasi dilaksanakan dengan dua kali uji coba yaitu uji coba skala kecil dengan subjek kelas 4A dengan 6 peserta didik dan uji coba skala besar dengan subjek kelas 4B dengan 16 peserta didik. Berdasarkan nilai validasi oleh ahli materi sebesar 92% dan oleh ahli bahan ajar sebesar 91 7% LKPD berbantuan Swishmax sangat valid dapat digunakan tanpa revisi. Berdasarkan validasi pengguna yang dilakukan guru nilai hasil kepraktisan sebesar 95 83% nilai dinyatakan sangat praktis dapat digunakan tanpa revisi. Selanjutnya LKPD berbantuan Swishmax dinyatakan menarik berdasarkan nilai hasil Uji kemenarikan oleh peserta didik nilai hasil kemenarikan sebesar 100% dinyatakan kategori sangat menarik dapat digunakan tanpa revisi. Secara keseluruhan kesimpulannya adalah LKPD berbantuan Swishmax materi panca indra kelas IV UPT SDN Bakung 02 Udanawu sangat valid menurut ahli materi dan ahli bahan ajar sangat praktis menurut guru sebagai pengguna sangat menarik menurut peserta didik sehingga layak digunakan tanpa revisi dalam pelaksanaan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Nov 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/274947

Actions (login required)

View Item View Item