Pengembangan media pembelajaran Bilingual Berbasis Computer Assisted Instruction pada materi Sporogenesis, Gametogenesis, dan Fertilisasi tumbuhan Angiospermae untuk siswa RSMABI Kelas X semester 2 / Susanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran Bilingual Berbasis Computer Assisted Instruction pada materi Sporogenesis, Gametogenesis, dan Fertilisasi tumbuhan Angiospermae untuk siswa RSMABI Kelas X semester 2 / Susanto

Susanto (2012) Pengembangan media pembelajaran Bilingual Berbasis Computer Assisted Instruction pada materi Sporogenesis, Gametogenesis, dan Fertilisasi tumbuhan Angiospermae untuk siswa RSMABI Kelas X semester 2 / Susanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ata kunci Pengembangan Media Pembelajaran Computer Assisted Instruction RSMABI Biologi selama ini dianggap sebagai salah satu mata pelajaran yang kurang diminati oleh kebanyakan siswa SMA. Siswa beranggapan bahwa mata pelajaran biologi sulit dipahami kurang menantang dan kurang menarik karena sebagian besar materinya harus dihafalkan. Salah satu penyebabnya adalah terdapat materi yang ada di dalam mata pelajaran biologi tidak dapat diamati secara langsung oleh indera penglihatan siswa misalnya materi sporogenesis gametogenesis dan fertilisasi tumbuhan Angiospermae. Penyelesaian inovatif dan kreatif dalam pembelajaran biologi diperlukan untuk mengubah mindset siswa yang menganggap materi Biologi banyak hafalan sulit dipahami kurang menantang dan kurang menarik serta dapat menyajikan ilustrasi visual dari sporogenesis gametogenesis dan fertilisasi tumbuhan Angiospermae untuk memudahkan siswa dalam memahami materi. Tujuan penelitian yaitu menghasilkan media pembelajaran berbasis Computer Assisted Instruction untuk siswa RSMABI kelas X Semester 2 yang dapat meningkatkan keaktifan pada saat proses pembelajaran dan mempermudah siswa dalam mempelajari materi sporogenesis gametogenesis dan fertilisasi tumbuhan Angiospermae. Penelitian dilakukan menggunakan metode yang diadopsi dan dimodifikasi dari Educational Research and Development milik Borg and Gall. Metode pengembangan yang digunakan terdiri dari tujuh tahap yaitu 1) penelitian dan pengumpulan informasi 2) perencanaan 3) pembuatan media pembelajaran 4) uji validasi isi 5) revisi produk 6) uji validasi kelompok kecil dan 7) revisi produk final. Hasil uji validasi isi oleh ahli materi menunjukkan rata-rata validitas materi yang disajikan bernilai 100% mengindikasikan bahwa materi yang disajikan di dalam media pembelajaran hasil pengembangan valid. Hasil uji validasi isi oleh ahli media menunjukkan nilai rata-rata validitas tampilan media pembelajaran hasil pengembangan sebesar 97 86% mengindikasikan bahwa tampilan media pembelajaran hasil pengembangan valid. Hasil uji validasi kelompok kecil menunjukkan nilai rata-rata sebesar 91% mengindikasikan bahwa ketergunaan oleh siswa sebagai pengguna dinyatakan valid. Pengembangan media pembelajaran berbasis CAI ini perlu dilanjutkan ke tahap uji coba lapangan skala kecil uji coba lapangan skala besar dan diseminasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27460

Actions (login required)

View Item View Item